UEFA Akan Tambah Dua Asisten Wasit Ekstra

Sabtu, 29 Mei 2010

UEFA akan menerapkan penggunaan dua asisten wasit tambahan pada kompetisi yang mereka selenggarakan mulai musim depan.

Artinya, penggemar sepakbola akan menyaksikan kehadiran dua wasit di belakang masing-masing kotak penalti di Liga Champions (mulai dari babak play-off sebelum penyisihan grup), Liga Europa (sejak penyisihan grup), final Piala Super Eropa, serta kualifikasi dan putaran final Euro 2012.

"Komisi Eksekutif UEFA juga sepakat mengajukan kepada FIFA dan Badan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) terkait kesepakatan IFAB 18 Mei 2010 lalu untuk memperpanjang masa eksperimen dua asisten wasit tambahan," bunyi pernyataan resmi UEFA.

Sistem dua asisten tambahan ini sudah diterapkan pada Liga Europa musim ini. Pada pertandingan Fulham melawan AS Roma, muncul kritik terkait fungsi asisten tambahan tersebut. John Arne Riise dilanggar Stephen Kelly di hadapan asisten tambahan, tapi justru Brede Hangeland yang diberi kartu merah.

Di tengah kontroversi itu, UEFA jalan terus dan mempersilahkan anggota federasi menerapkannya di kompetisi domestik masing-masing.

Selain itu, UEFA juga mencapai kata sepakat terkait peraturan "Financial Fair Play" yang akan diterapkan akhir 2012 mendatang. Peraturan ini muncul berkat kerisauan presiden Michel Platini terhadap kebijakan belanja klub yang terkadang membuat mereka menuju kebangkrutan.

Ada tiga elemen utama dalam peraturan baru ini:
1.Persyaratan titik impas: klub tidak boleh menghabiskan dana melebihi pemasukan mereka.
2.Tak ada tunggakan selama musim berjalan: terhadap klub lain, pegawai, dan atau pejabat pajak.
3.Proyeksi finansial musim depan: supaya klub dapat memenuhi kewajiban mereka musim depan.

Berita Terkait: