Philipp Lahm Kapten Timnas Jerman Piala Dunia Afrika Selatan 2010

Sabtu, 29 Mei 2010

Full-back Bayern Muenchen Philipp Lahm ditunjuk sebagai kapten utama Timnas Jerman untuk Piala Dunia, Jumat 28/05/2010. Dengan demikian Lahm akan menjadi kapten termuda dalam sejarah negara yang sudah mengoleksi tiga titel Piala Dunia tersebut.

Lahm menggantikan tugas Michael Ballack yang mengalami cedera engkel saat memperkuat Chelsea. Penunjukkan Lahm merupakan jawaban dari pelatih Joachim Loew yang dikabarkan bingung dalam menentukan pemimpin Die Mannschaft di Afrika Selatan nanti. Lahm berusia 26 tahun bermain 64 kali untuk negaranya dan Piala Dunia kali ini merupakan kesempatan kedua baginya.

Bertindak selaku wakil kapten yakni rekan Lahm di Bayern, Bastian Schweinsteiger. Schweinsteiger juga akan bertindak sebagai pengganti Ballack sebagai gelandang jangkar, peran yang dilakoninya musim ini untuk mengantar Bayern menjuarai Bundesliga dan Piala Jerman, serta melaju ke final Liga Champions.

"Mereka berdua melakoni musim yang mengesankan bersama Bayern dan mereka membuktikan mampu memikul tanggung jawab," kata Loew di pemusatan latihan "Tim Panser" di utara Italia. "Peran mereka sangat penting dalam tim ini."

Penobatan Lahm dan Schweinsteiger mengindikasikan Loew tidak akan memberi tempat di tim utama kepada Miroslav Klose. Klose tadinya dijagokan akan mengenakan ban kapten karena lebih berpengalaman dan matang. Tapi jumlah pertandingan dan juga gol koleksi pemain berusia 31 tahun itu di Bayern Munich musim kemarin terlalu sedikit.

Sementara itu, untuk posisi utama penjaga gawang, Loew menunjuk Manuel Neuer. Kiper Schalke 04 itu naik pangkat setelah Rene Adler absen di Afrika Selatan akibat cedera tulang iga.

Berita Terkait: