Lewis Hamilton Menangi F1 GP Turki 2010

Minggu, 30 Mei 2010

Sebastian Vettel menggagalkan peluang Red Bull untuk menjadi juara GP Turki, Minggu 30/05/2010. Memanfaatkan kecelakaan di antara Vettel dan Mark Webber, Lewis Hamilton merengkuh kemenangan pertamanya.

Tabrakan Vettel dan Webber di lap 40 menjadi drama paling menarik pada balapan 58 lap di sirkuit Istanbul, karena saat itu mereka dalam posisi terdepan, dalam tekanan cukup berarti oleh Hamilton dan Jenson Button.

Serangan Vettel pada Webber membuat mereka bertabrakan. Vettel langsung out, Webber kehilangan posisinya sebagai pimpinan lomba. Hanguslah kans untuk mencatat hat-trick kemenangan setelah pembalap Australia menjadi juara di Spanyol dan Monako.

Hamilton mengambil keuntungan dari insiden tersebut dan menjadi juara. Itulah kemenangan pertamanya di musim ini, juga sejak GP Singapura di bulan September 2009.

Webber mulus dalam start-nya sebagai pemegang pole position. Vettel bergerak mendahului Hamilton sampai di tikungan pertama, tapi kemudian disusul lagi oleh pembalap McLaren itu di beberapa tikungan berikutnya.

Michael Schumacher juga tampil bagus dalam start dengan mengambil Button di urutan keempat. Di barisan tengah, Felipe Massa bersinggungan dengan Robert Kubica.

Belum habis satu lap, Schumi dibalap Button di trek lurus. Pembalasan yang bagus dilakukan juara musim lalu itu pada juara dunia tujuh kali dari Jerman tersebut.

Di lap kedua Sebastian Buemi menjadi orang pertama yang masuk pitstop setelah ban STR-nya pecah.

Sementara itu Hamilton ketat menempel Webber, mencoba menggagalkan hat-trick kemenangan rivalnya itu. Di lap 11 ia melakukan fastest lap.

Di putaran 16 Webber dan Hamilton sama-sama masuk pitstop. Webber berhasil melakoninya lebih cepat dan tetap keluar lebih dulu. Meski demikian keduanya tertinggal dari Button setelah keluar dari pitlane.

Vettel membuat fastest lap untuk kemudian memperoleh keuntungan dari performanya itu. Ketika Button masuk pitstop di lap 18, ia berhasil mengalahkan Hamilton untuk berada di urutan kedua di belakang Webber. Posisi 1-4 adalah dua Red Bull dan dua McLaren.

Dilewati Vettel, Hamilton mencoba menekan pembalap muda Jerman itu, tapi belum berhasil. Dari garasi diinformasikan ada kemungkinan hujan dalam 15-20 menit. Button "meminta perhatian" dengan membukukan fastest lap di putaran 32.

Ketika persaingan Red Bull-McLaren masih cukup ketat, terjadi insiden yang sangat mengejutkan. Di lap 40 Vettel mencoba membalap Webber di trek lurus. Webber, yang memenangi dua seri sebelumnya, tak mau mengalah. Keduanya terlibat duel wheel to wheel dalam kecepatan sangat tinggi.

Terlalu rapatnya posisi kedua pembalap Red Bull saling bersenggolan. Vettel tampak terlalu memaksakan diri untuk mengalahkan partnernya itu. Benturan terjadi, keduanya melintir. Vettel "terkapar" di luar trek, Webber mampu bertahan tapi dipastikan dengan kerusakan di bagian mobilnya.

Para teknisi Red Bull di paddock membentangkan kedua tangan dan memegang kepalanya. Sungguh mengecewakan. Sementara itu tim McLaren "menari-nari" karena Hamilton dan Button memperoleh keuntungan dari insiden tersebut. Mereka kini memimpin balapan dan hampir dipastikan mengunci posisi 1-2.

Webber berusaha sekuat tenaga untuk bertahan dan dia berhasil setelah masuk pitstop di lap 43. Sementara itu Vettel langsung didekati wartawan setelah sampai markas tim. Seorang kru Red Bull mencoba menghadang wartawan dan terjadi adu mulut. Vettel menenangkan dengan mengatakan "come down, come down".

Tak lama kemudian Vettel menggelar jumpa pers "lebih awal" untuk ditanyai bagaimana sesungguhnya insiden itu terjadi, yang bukan hanya membuat dia out tapi juga merusak jalan Webber dan timnya untuk juara.

Yang menarik, McLaren seperti mengajari bagaimana semestinya duel di antara rekan satu tim. Di lap 48 Hamilton dan Button bertarung sangat ketat, wheel to wheel dalam kecepatan tinggi. Beberapa kali mereka saling salip, tapi balapan berlangsung aman tanpa insiden seperti Red Bull. Hamilton, walaupun sempat dikalahkan Button, pada akhirnya berhasil mengamankan posisinya di depan sampai garis finish.

Hasil Balapan F1 GP Turki 2010:
1. Hamilton McLaren-Mercedes 1h28:47.620
2. Button McLaren-Mercedes + 2.645
3. Webber Red Bull-Renault + 24.285
4. Schumacher Mercedes + 31.110
5. Rosberg Mercedes + 32.266
6. Kubica Renault + 32.824
7. Massa Ferrari + 36.635
8. Alonso Ferrari + 46.544
9. Sutil Force India-Mercedes + 49.029
10. Kobayashi Sauber-Ferrari + 1:05.650
11. De la Rosa Sauber-Ferrari + 1:05.944
12. Alguersuari Toro Rosso-Ferrari + 1:07.800
13. Liuzzi Force India-Mercedes + 1 lap
14. Barrichello Williams-Cosworth + 1 lap
15. Petrov Renault + 1 lap
16. Buemi Toro Rosso-Ferrari + 1 lap
17. Hulkenberg Williams-Cosworth + 1 lap
18. Glock Virgin-Cosworth + 2 laps
19. Di Grassi Virgin-Cosworth + 3 laps

Tidak finish
Chandhok HRT-Cosworth 53
Senna HRT-Cosworth 47
Vettel Red Bull-Renault 40
Kovalainen Lotus-Cosworth 34
Trulli Lotus-Cosworth 33

Berita Terkait: