Howard Webb Wasit Final Liga Champions 2009/2010

Jumat, 21 Mei 2010

Laga final Liga Champions antara wakil Italia Inter Milan dan wakil Jerman Bayern Munich, akan dipimpin oleh wasit asal Inggris Howard Webb. Bagi wasit Premier League tersebut, ini adalah pertandingan terpenting pertama dalam kariernya.

Sebelum menjadi wasit sepakbola, Webb pernah berkarier di kepolisian. Latar belakang polisi inilah yang membuat Webb menjadi wasit tegas dalam mengambil keputusan. Webb tidak takut dengan protes keras dari pemain manapun.

Wasit berusia 38 tahun ini, sudah punya jam terbang lebih dari 300 laga sejak menjadi wasit Premier League pada musim 2000. Satu dekade kariernya menjadi wasit, Webb tercatat hanya mencabut 45 kartu merah.

Kariernya pernah diwarnai dengan catatan mengeluarkan tiga kartu merah dalam satu laga final Carling Cup antara Arsenal melawan Chelsea pada tahun 2007 lalu. Webb mengusir pemain The Blues John Obi Mikel dan dua pemain The Guners Kolo Toure dan Emmanuel Adebayor.

Webb juga pernah menjadi pembicaraan ketika memimpin pertandingan Euro 2008 antara Polandia melawan tuan rumah Austria. Sempat memimpin 1-0, Polandia harus mendapat hukuman penalti yang diberikan Webb setelah Mariusz Lewandowski menarik Sebastian Prodl. Pertandingan pun berakhir 1-1 dan Polandia mengecam keputusan Webb.

Catatan kepemimpinan Webb di Liga Champions 2009/2010:
Fase Grup
Bayern 0-0 Juve: Tiga kartu kuning.
Milan 1-1 Marseille: Tiga kartu kuning.
Dynamo Kiev 1-2 Barcelona: Tujuh kartu kuning.

Fase Gugur:
Olympiakos 0-1 Bordeaux: Empat kartu kuning.
Inter Milan 1-0 CSKA Moscow: Tiga kartu kuning.

Berita Terkait: