Tottenham Hotspur 2-1 Arsenal (15/04/2010)

Kamis, 15 April 2010

Arsenal tampaknya harus mengucapkan selamat tinggal pada mahkota Premier League musim ini. Skuad London Utara gagal mengejar angka para pesaingnya (Manchester United dan Chelsea) usai ditaklukkan rival sekota Tottenham Hotspur 2-1, Kamis 15/04/2010 dini hari.

Arsenal menyambangi White Hart Lane dengan misi wajib menang demi menyalip Manchester United di peringkat dua klasemen sementara. Arsene Wenger menempatkan Nicklas Bendtner dan Samir Nasri di lini depan, sementara bomber Belanda Robin van Persie duduk di bangku cadangan. Kehadiran mantan bintang Spurs Sol Campbell di lini belakang disambut dengan cemooh pendukung tuan rumah.

Di kubu tuan rumah, gelandang Inggris Danny Rose melakoni debutnya bersama Spurs menyusul cedera yang dialami Aaron Lennon. Duet Roman Pavlyuchenko dan Jermain Defoe dipercaya Harry Redknapp mengisi lini depan.

Armada Lily Whites memulai laga dengan gemilang. Pertandingan baru berjalan 10 menit ketika gawang Manuel Almunia harus bergetar. Itu setelah Rose menandai debutnya dengan mencetak gol dan membawa tuan rumah unggul 1-0. Berawal dari Almunia yang gagal membuang bola hasil sepak pojok Spurs dengan sempurna. Bola jatuh di kaki Rose yang segera melesakkan first time dengan kencang dari luar kotak penalti ke pojok gawang kiper Spanyol

Terkejut dengan gol cepat Spurs, Arsenal berusaha bangkit. Namun, perjuangan The Gunners terasa semakin berat setelah bek tangguh Thomas Vermaelen terkapar di tengah lapangan akibat cedera pada menit 17. Bek Belgia disinyalir mengalami cedera betis dan harus digantikan Mikael Silvestre.

Kerjasama Tomas Rosicky dan Bendtner di menit 26 membuka peluang manis bagi Arsenal untuk menyamakan kedudukan. Sayang, striker Denmark tak mampu mengontrol bola hasil umpan Rosicky sehingga tendangannya masih meleset dari gawang Heurelho Gomes.

Tottenham nyaris menggandakan keunggulan di menit 41 ketika Silvestre bergeming menghadapi Luka Modric di depan kotak penalti. Beruntung, Almunia bereaksi cepat dan menyelamatkan gawangnya dengan membuang bola dari penguasaan Modric. Tuan rumah pun mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Mimpi buruk Arsenal berlanjut di babak kedua ketika Gareth Bale menambah pundi-pundi gol tuan rumah ketika laga baru berjalan satu menit. Silvestre dan Bacary Sagna teledor menjaga lini belakang sehingga membiarkan Defoe melesakkan umpan kepada Bale di depan gawang Almunia. Bale pun sukses menceploskan gol pertamanya di Premier League sejak dua setengah tahun lalu.

Panik melihat anak-anak asuhnya tertinggal dua gol, Wenger memasukkan Theo Walcott untuk menggantikan Sagna di menit 53. Kehadiran bintang muda Inggris nyaris membuahkan gol bagi Arsenal setelah melontarkan umpan cantik kepada Bendtner di kotak penalti. Sayang, Bendtner lagi-lagi membuang peluang.

The Professor akhirnya menurunkan van Persie yang telah absen lima bulan dari skuad Arsenal akibat cedera. Van Persie menceploskan dua gol ke gawang Tottenham kala Arsenal meraup kemenangan 3-0 pada pertemuan pertama mereka musim ini. Wenger jelas berharap banyak kepada mantan striker Feyenoord yang menggantikan Denilson di menit 68.

Pada saat yang sama, Redknapp juga menurunkan Eidur Gudjohnsen untuk menggantikan Defoe. Penyerang Islandia langsung menghadirkan peluang emas bagi Tottenham untuk membalas kekalahan dari Arsenal, Oktober lalu. Gudjohnsen melepaskan umpan cantik kepada Benoit Assou-Ekotto di kotak penalti. Namun, bek Kamerun gagal menggapai bola.

Van Persie membuktikan kapasitasnya sebagai ujung tombak The Gunners dan mengancam gawang Gomes ketika menyambut umpan Abou Diaby dengan tendangan voli di menit 79. Beruntung bagi Spurs, Gomes berhasil menepis bola dan mempertahankan keunggulan tuan rumah.

Gol yang ditunggu pendukung Arsenal akhirnya tiba di menit 85 ketika umpan Walcott diselesaikan dengan baik oleh Bendtner. Dua menit kemudian, van Persie berusaha menambah angka dengan tendangan jarak jauh ke gawang Gomes sebelum upayanya dimentahkan kiper Brasil.

Memasuki empat menit injury time, Spurs akhirnya memastikan kemenangan setelah Almunia dkk gagal menyamakan kedudukan. Atas hasil ini, Arsenal (71) tetap bercokol di peringkat tiga, tertinggal tiga angka dari United dan enam angka dari Chelsea yang kokoh di pucuk klasemen.

Sementara, Spurs (61) yang hanya terpaut satu angka dari peringkat empat Manchester City masih berpeluang menembus zona Liga Champions.

Berita Terkait: