Prosesor PC Desktop Hanya Berdaya 35 Watt

Minggu, 25 April 2010

Generasi prosesor Intel berarsitektur 32 nanometer yang akan datang, yang disebut dengan nama Sandy Bridge akan memungkinkan prosesor bekerja lebih hemat listrik. Disebutkan, penggunaan daya rata-rata (TDP) yang disedot hanya mencapai 35 watt saja.

TDP yang rendah tentu sangat berarti bagi segmen notebook. Sayangnya, beberapa prosesor quad core paling hemat energi milik Intel saat ini mengonsumsi daya rata-rata 65 watt.

TDP rendah juga sangat penting bagi pengguna di kalangan server. Pasalnya, perusahaan yang memiliki server dengan puluhan atau bahkan ratusan prosesor tentu butuh menghemat tagihan listrik, baik untuk mesin server ataupun alat pendinginan server yang bersangkutan.

Prosesor quad core Intel generasi Yorkfield yang sudah tersedia mengonsumsi daya rata-rata 65 watt. Hadirnya arsitektur Nehalem membuat konsumsi daya kembali naik, dan prosesor hemat energi dari jajaran tersebut, yakni Core i5 750S berkecepatan 2,4GHz menghabiskan 82 watt.

Seperti dikutip dari Fudzilla, 25 April 2010, dengan Sandy Bridge, Intel diperkirakan akan menghadirkan prosesor quad core yang juga akan memiliki grafis terintegrasi. Core grafis dan core CPU yang ada di sana akan menggunakan TDP yang sama.

Kabar gembiranya, prosesor-prosesor hemat energi ini diperkirakan akan hadir mulai kuartal pertama tahun 2011 mendatang.

Berita Terkait: