Bayern Munich 1-0 Lyon (22/04/2010)

Kamis, 22 April 2010

Bayern Munich meraih kemenangan penting 1-0 atas Lyon pada semifinal pertama Liga Champions di Allianz Arena, Kamis 22/04/2010 dinihari WIB. Satu-satunya gol kemenangan Bayern dihasilkan Arjen Robben.

Dengan kemenangan itu, Bayern hanya butuh hasil imbang pada semifinal kedua di Stade de Gerland, Lyon, Selasa 27/04/2010. Sebaliknya, Lyon yang bertindak sebagai tuan rumah harus menang minimal 2-0.

Robben kembali menjadi penyelamat bagi Bayern. Pada pertandingan perempatfinal kedua melawan Manchester United, pemain asal Belanda ini juga mencetak gol kedua Bayern. Meski akhirnya kalah 3-2, namun Bayern yang lolos karena lebih banyak mencetak gol di pertandingan tandang.

Gol Robben juga mirip dengan yang dicetaknya ke gawang United. Dari sisi kiri pertahanan Lyon, ia melepaskan tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti ke sudut kanan gawang yang gagal dijangkau kiper Hugo Lloris.

Pertandingan itu sendiri berjalan keras. Bayern harus kehilangan Franck Ribery yang mendapatkan kartu merah pada menit ke-37. Namun, Lyon juga kehilangan Jeremy Toulalan yang menerima kartu kuning kedua atas pelanggarannya.

Bayern mengawali pertandingan dengan langsung menekan pertahanan lawan. Mereka menunjukkan dominasinya selama sepuluh menit pertama. Bek Daniel van Buyten sudah mengancam gawang Lloris di menit-menit awal. Namun, tendangannya masih melambung.

Selanjutnya, sundulan Bastian Schweinsteiger juga sempat mengancam gawang tim tamu. Hanya, upayanya masih gagal karena bola melebar.

Tak lama berselang, gawang Lloris kembali mendapat serangan dari pemain Bayern. Kali ini, Ribery memperlihatkan aksi individunya saat menerima umpan dari Diego Contento. Ia sempat melewati Cris sebelum melepaskan tendangan. Sayang, tendangan Ribery masih melebar ke sisi kanan gawang Lloris.

Ribery kembali membangun serangan melalui kerjasama dengan Robben dan Ivica Olic. Berawal dari umpannya kepada Robben dan diteruskan kepada Olic. Sayangnya, striker Kroasia ini gagal menyelesaikan umpan teresbut.

Mendapat tekanan tak membuat Lyon bertahan sepanjang permainan. Mereka secara pelahan mulai bangkit. Ederson sempat mendapat peluang saat terjadi kemelut di gawang Bayern. Namun, sepakan Ederson masih melebar.

Bayern akhirnya mendapat masalah serius saat Ribery melakukan kesalahan berat karena menghajar kaki Lisandro Lopez. Ia terlambat mengangkat kaki saat hendak merebut bola sehingga mengenai kaki Lisandro yang langsung terjatuh mengerang kesakitan.

Insiden itu terjadi tepat di depan mata wasit Roberto Rosetti. Buntutnya, Rosetti langsung memberikan kartu merah kepada Ribery.

Berita Terkait: