Regulasi Formula 1 musim 2010 resmi diganti. Mulai dari aturan pemakaian ban hingga persoalan rangking jumlah poin yang dikumpulkan para pembalap yang masuk 10 besar race Grand Prix.
Seperti dilansir Autosport, Rabu 03/02/2010, anggota rapat Komisi F1 di Paris sepakat regulasi harus berubah. Tujuan penerapan konsep baru ini tentu saja meningkatkan gengsi balap di lintasan sepanjang 19 laga musim ini, termasuk manuver dan proses overtaking antar pembalap.
Mari kita lihat sejumlah regulasi baru yang akan diterapkan mulai 14 Maret 2010 mendatang.
Pertama, pembalap yang tercatat dalam 10 besar sesi kualifikasi (Q3) dilarang ganti setelan ban pada race Grand Prix. Ke-10 pria terdepan itu harus memakai komposisi ban bekas kualifikasi. Menurut FIA, "Ini merupakan bagian dari kemajuan strategi."
Komisi F1 juga menyetujui reduksi persediaan ban kering per tim. Kini alokasinya bukan lagi 14 set, melainkan 11 set saja.
Begitu pula dengan sistem rangking poin yang selama ini selalu jadi sorotan. Juga ajang perdebatan. Musim ini, total 101 poin dibagikan untuk 10 pembalap pertama dengan aturan 25-18-15-12-10-8-6-4-2-1. Berarti, antara juara dan runner-up selisih tujuh poin per serinya.
Tim juga sepakat menonaktifkan pemakaian double diffusers pada regulasi teknis F1 2011. Juga persoalan reduksi downforce sistem aerodinamik. Bahkan, presiden FIA Jean Todt mendorong F1 menggunakan teknologi berbasis lingkungan.