Kamerun Dikalahkan Gabon

Kamis, 14 Januari 2010

Kejutan kembali lagi terjadi di laga perdana Piala Afrika 2010. Kali ini giliran salah satu kandidat juara Kamerun yang dibuat tak berdaya ditangan Gabon 1-0. Gol satu-satunya Gabon dicetak oleh striker Daniel Cousin di babak pertama.

Pada pertandingan laga perdana Grup D ini, Kamerun sebenarnya tidak ada niat untuk meremehkan lawan. Setidaknya dari komposisi daftar pemain yang diturunkan sejak awal ada beberapa nama pemain bintang dari klub Eropa seperti kiper Kameni, Alexandre Song, serta striker Samuel Eto'o.

Namun tanpa pernah diduga sebelumnya, Gabon yang tak pernah diunggulkan dalam turnamen ini berhasil memberi pelajaran berharga kepada Kamerun. Meski lebih banyak menyerang pertahanan Gabon di awal laga, namun Daniel Cousin mampu memaksimalkan peluang dengan mencetak gol pada menit ke 17.

Gol satu-satunya itu ternyata memberikan semangat besar kepada para pemain Gabon. Sebaliknya Eto'o dan kawan-kawan berulang kali berusaha untuk menyamakan kedudukan. Sayang hingga akhir babak pertama, tak ada satupun peluang yang berbuah gol.

Selanjutnya di babak kedua, kerjasama Song dengan pemain gelandang Somen Tchoyi pada menit ke 50 sempat membuka peluang buat Kamerun menyamakan kedudukan. Namun Tchoyi yang tampil sebagai pemain pengganti masih belum mampu memanfaatkan peluang yang didapatnya.

Hal yang sama juga dialami oleh Eto'o. Pemain ini seperti kesulitan untuk bisa melepaskan kawalan ketat yang dilakukan para pemain belakang Gabon. Sempat mendapat peluang pada menit ke 54, namun Eto'o juga gagal memaksimalkan peluangnya. Akhirnya Gabon menang 1-0 atas Kamerun.

Berita Terkait: