Banfield Juara Liga Argentina 2009

Senin, 14 Desember 2009

Banfield tetap tersenyum kendati pada laga pamungkas Liga Apertura Argentina, Senin 14/12/2009, dikalahkan tim tangguh Boca Juniors 0-2. Pasalnya, kekalahan tersebut tetap membawa Banfield mencatatkan sejarah dengan meraih gelar juara Apertura Argentina, musim 2009.

Keberhasilan yang diraih Banfield kali ini memang tak lepas dari hasil minor yang diraih rival terdekatnya, Newell's Old Boys. Ya, pada saat bersamaan, Newell's yang juga berpeluang meraih gelar juara, tetapi di luar dugaan takluk dari San Lorenzo dengan skor sama, 0-2.

Dengan hasil tersebut, maka publik Banfield yang memadati stadion La Bombonera pun larut dalam euforia kendati pada pertandingan tersebut Banfield harus merasakan pahitnya lesakkan dua gol Martin Palermo yang membawa Boca unggul 2-0.

Dengan hasil tersebut, Banfield otomatis meraih mahkota Apertura Argentina setelah mengumpulkan 41 poin atau unggul dua poin atas Newell's di posisi kedua. Keberhasilan ini merupakan yang pertama sejak Banfield didirikan 113 tahun lalu tepatnya pada tahun 1896. Sebelumnya, prestasi terbaik klub berjuluk "El Taladro" ini hanya menapak runner-up pada 2005, di bawah Velez Sarsfield yang menjadi jawara liga Clausura Argentina.

Keberhasilan tampil sebagai jawara membuat Banfield dipastikan memegang tiket fase penyisihan grup Copa Libertadores. Sementara Newell's yang menempati posisi runner-up harus rela melakoni laga play-off menghadapi wakil Ekuador Emelec, untuk mendapatkan tiket Liga Champions-nya benua Amerika tersebut.

Berita Terkait: