Vettel Pembalap F1 Terbaik 2009

Jumat, 20 November 2009

Performa luar biasa yang ditampilkan Sebastian Vettel sepanjang musim 2009 membuahkan hasil. Pembalap Red Bull Racing ini pun terpilih sebagai pembalap terbaik F1 musim 2009.

Dalam pemilihan yang berasal dari bos-bos tim F1, Vettel menempati urutan teratas. Pembalap muda Jerman ini mendapat dukungan terbanyak dan berhasil mengalahkan juara dunia musim ini Jenson Button yang harus puas berada di tempat kedua, demikian sebagaimana dilansir Autosport, Kamis 19/11/2009.

Pada pemilihan ini, setiap pembalap pertama yang dipilih setiap team principal akan mendapat poin 10. Pembalap terpilih kedua mendapat 8 poin, enam untuk pembalap ketiga, poin 5,4,3,2 dan 1 diberikan pada pembalap di bawahnya. Nah, pada pemilihan kali ini, Vettel mendapat 76 poin. Sementara Button hanya mendapat 67 poin.

Menanggapi hasil ini Sebastian Vettel senang dan terpacu untuk menampilkan performa lebih baik di musim depan, "Merupakan suatu kebanggaan bisa terpilih, terutama setelah pasang-surut, performa yang saya alami musim ini. Bagaimanapun, poling ini takkan mebantu saya tampil lebih cepat di atas lintasan tahun depan. Semuanya akan bergantung pada diri saya sendiri, untuk bisa membuktikan diri di musim depan."

Hal senada juga diungkapkan bos tim Red Bull Chris Horner. Dia menyebut Vettel pantas mendapat anugerah itu karena telah menampilkan performa impresif sepanjang musim.

"Vettel telah menjalani musim luar biasa sepanjang 2009. Saya yakin, dia bakal mampu menjadi juara dunia di masa depan. Meski masih muda, namun Vettel cukup matang dalam melakukan tugasnya dengan mobil dan teknisi," tambahnnya.

Terpilihnya Vettel sebagai pembalap terbaik 2009 memang tepat. Pasalnya, sepanjang musim ini pembalap 22 tahun ini terus menunjukkan performa menawan. Vettel sempat menjadi ancaman serius Button dalam perburuan titel juara dunia musim ini hingga seri terakhir.

Daftar 10 pembalap terbaik 2009 pilihan bos tim:
1. Sebastian Vettel 76 poin
2. Jenson Button 67 poin
3. Lewis Hamilton 65 poin
4. Fernando Alonso 39 poin
5. Rubens Barrichello 35 poin
6. Kimi Raikkonen 30 poin
6. Mark Webber 30 poin
8. Felipe Massa 19 poin
9. Robert Kubica 10 poin
10. Adrian Sutil 8 poin

Berita Terkait: