Shahid Khan Pengusaha AS Kelahiran Pakistan Jadi Pemilik Baru Fulham

Sabtu, 13 Juli 2013

Berakhir sudah 16 tahun era Fulham di bawah Mohamed Al Fayed. Pengusaha Mesir itu kini sudah melepas Fulham ke tangan pengusaha Amerika Serikat, Shahid Khan.

Selama era Al Fayed (84 tahun), Fulham menapaki jalan dari kompetisi kasta ketiga Inggris, ke kasta teratas, dan juga Eropa.

"Merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan bisa menjadi chairman klub sepakbola Fulham selama 16 tahun penuh kenangan," kata Al Fayed di BBC.

Rincian finansial mengenai penjualan Fulham itu belum dirilis. Media berspekulasi bahwa angkanya berkisar mulai dari 150 juta poundsterling sampai dengan 200 juta poundsterling.

Khan (62 tahun) adalah seorang pengusaha AS kelahiran Pakistan yang menggeluti bisnis perlengkapan mobil. Ia kini menjadi pengusaha AS keenam yang memiliki klub Liga Primer Inggris.

"Fulham adalah klub sempurna di waktu sempurna buat saya. Biar saya perjelas, saya tidak melihat diri saya sendiri sebagai pemilik Fulham, tapi cuma seorang pemelihara klub atas nama para suporternya," komentar Khan.

"Prioritas saya adalah memastikan klub dan Craven Cottage sama-sama memiliki masa depan berkelangsungan yang membanggakan di Liga Primer Inggris buat para suporter saat ini dan masa depan," lanjut pemilik klub NFL Jacksonville Jaguars itu.

"Kami akan mengatur masalah keuangan dan operasional dengan cermat dan hati-hati, dengan program pengembangan pemain muda dan berbasis komunitas sebagai elemen dasar penting buat masa depan Fulham," janji pria yang pindah ke AS pada usia 16 tahun tersebut.

Berita Terkait: