Chelsea 3-1 Basel, Chelsea Lolos (3/5/2013)

Jumat, 03 Mei 2013

Chelsea melaju ke final Liga Europa musim ini setelah menang 3-1 atas FC Basel di leg kedua babak semifinal. Sempat tertinggal, Chelsea akhirnya sukses membalikkan keadaan di babak kedua.

Pada pertandingan di Stamford Bridge, Jumat (3/5/2013) dinihari WIB, Chelsea tampil relatif dominan di sepanjang paruh pertama laga. Dalam catatan Soccernet, The Blues memenangi penguasaan bola hingga 54%, namun lebih sedikit melepaskan attempts on target, yakni 4:5.

Chelsea sempat tertinggal lebih dulu di babak pertama lewat gol Mohamed Salah. Namun, dominasi mereka akhirnya berbuah hasil di babak kedua, di mana Fernando Torres, Victor Moses, dan David Luiz masing-masing mencetak satu gol dan membawa Chelsea menang 3-1.

Berkat hasil ini, Chelsea melaju ke babak final dengan agregat 5-2.

Ketika pertandingan memasuki menit kedelapan, Chelsea mendapatkan peluang lewat Frank Lampard. Namun, tendangan gelandang senior itu belum membuahkan hasil lantaran masih mengenai mistar gawang.

Pada menit ke-26, Marco Streller mendapatkan peluang untuk Basel. Streller yang berada di sisi kanan kotak penalti Chelsea menyambut sebuah umpan lambung. Tanpa membuang waktu, dia melepaskan sepakan voli dengan kaki kirinya. Sial bagi Streller, tendangannya masih melenceng.

Chelsea gantian mendapatkan peluang lewat Ramires di menit 30. Tetapi hasilnya masih nihil. Tendangan gelandang asal Brasil itu masih mengarah teat ke tangkapan Yann Sommer.

Basel akhirnya unggul menjelang babak pertama selesai. Valentin Stocker melepaskan umpan terobosan kepada Mohamed Salah, yang lolos dari jebakan offside. Lewat satu sepakan, Salah akhirnya menaklukkan Petr Cech.

Babak pertama berakhir untuk keunggulan tim tamu. Namun, ceritanya berbeda di babak kedua. Chelsea yang masih tampil dominan itu akhirnya membalikkan keadaan.

Ketika pertandingan memasuki menit ke-50, Fernando Torres membuat seisi stadion bersorak. Dia sukses membobol gawang Sommer dan membawa Chelsea melebarkan jarak agregat lagi.

Gol bermula dari tendangan kaki kanan yang dilepaskan oleh Lampard dari luar kotak penalti. Sommer masih bisa menepisnya, namun Torres bereaksi cepat. Penyerang yang bermain dengan menggunakan topeng itu dengan sigap menyambar bola muntah dan membuat skor menjadi sama kuat 1-1.

Hanya berselang dua menit dari gol tersebut, Victor Moses membuat Chelsea berbalik unggul 2-1. Torres ikut berperan dalam proses terciptanya gol.

Tendangan Torres memang masih bisa diblok oleh barisan pertahanan Basel. Namun, bola kemudian jatuh di kaki Moses yang berada di dalam kotak penalti. Usaha pertama Moses masih bisa diblok bek yang mengawalnya, namun tendangan keduanya langsung mengoyak jala Sommer.

Keunggulan tersebut membuat Chelsea semakin percaya diri dalam melakukan tekanan. Eden Hazard, Moses, dan Lampard menjadi otak tuan rumah dalam membangun serangan.

Gol ketiga akhirnya hadir pada menit ke-58. David Luiz, yang kembali diplot sebagai gelandang, melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Bola hasil tendangannya melesak ke pojok kanan atas gawang Sommer, membuat kiper berusia 24 tahun itu terdiam melihatnya.

Mohammed Elneny dan Serey Die kemudian mendapatkan peluang untuk Basel. Namun, tendangan keduanya bernasib sama: masih melebar dari sasaran.

Basel mulai tampak kehabisan akal untuk membongkar pertahanan Chelsea. Mereka pun mulai sering melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Pada menit 81, Marcelo Diaz melakukan hal serupa, namun tendangannya kembali belum menemui sasaran.

Tak ada lagi gol tercipta. Peluit panjang dibunyikan, Chelsea pun lolos ke final untuk menghadapi Benfica pada 15 Mei mendatang.

Susunan Pemain
Chelsea: Cech, Ivanovic, Cahill, Bertrand, Azpilicueta, Luiz (Ake 81), Lampard, Ramires (Oscar 66), Moses, Hazard (Mata 75), Torres.

FC Basel: Sommer, Voser, Schar, Sauro, Steinhofer, Die, Stocker (Degen 62), Frei (Diaz 75), Salah, Elnenny, Streller (Zoua 62).

Berita Terkait: