Teknologi Aliran Pembuluh Darah Digunakan Sebagai Password

Sabtu, 08 Desember 2012

Fujitsu memperkenalkan inovasi teknologinya dalam hal keamanan yakni PalmSecure. Inovasi terbaru Fujitsu ini menggunakan teknologi otentifikasi biometrik pembuluh darah telapak tangan yang dapat digunakan sebagai password.

"Kalo sidik jari masih ada celah untuk bobol, karenanya kami mencoba membuat inovasi baru yang lebih aman," kata Product Manager - Emerging Product Infrastruktur Services & Solution, Yusak Yuswanto Yohannes Media Gathering Fujitsu di Nusa Dua, Jumat (7/12/2012).

Dijelaskan Yusak, indentifikasi data seseorang menggunakan aliran darah termasuk teknologi yang aman. Di mana proses verifikasi data terdapat di dalam tubuh sehingga kecil kemungkinan terjadi kekeliruan.

"Kalo pakai sidik jari misalnya, kuman dan beberapa resiko lainnya dapat menyebabkan kesalahan dalam verfikasi, bahkan bisa saja orang yang tidak bertanggung jawab memalsukan sidik jari," paparnya.

Teknologi verifikasi pembuluh darah pada telapak tangan, diklaim perusahaan asal Jepang itu sebagai metode yang dapat meningkatkan akurasi verifikasi di kelasnya. Unggulnya, inovasi ini dapat digunakan tanpa bersentuhan dengan perangkat.

Fujitsu bekerja sama dengan sejumlah mitra guna mamperluas aplikasi teknologi PalmSecure untuk memenuhi kebutuhan berbagai industri.

Selain itu, perusahaan asal Jepang ini juga akan menyelenggarakan Fujitsu Inovation Challenge - PalmSecure, guna mendorong inovasi para mahasiswa dengan menggunakan teknologi verifikasi pembuluh darah telapak tangan.

"Pemenang kompetisi akan memperoleh kesempatan untuk mengunjungi fasilitas Riset dan Pengembangan (R&D) Fujitsu," kata Country Head Human Resource, General Services & Legal Fujitsu Indonesia, Setya Rahadi.

Berita Terkait: