Bayern Munich 1-1 Dortmund (2/12/2012)

Minggu, 02 Desember 2012

Duel antara dua raksasa Bundesliga berakhir sama kuat. Bayern Munich dan Borussia Dortmund harus rela berbagi angka usai bermain imbang dengan skor akhir 1-1.

Memainkan pertandingan di Allianz Arena, Minggu (2/12/2012) dinihari WIB, kedua kubu bermain tanpa gol hingga babak I berakhir. Namun, di babak kedua tepatnya di menit 67 Toni Kroos membawa Bayern memimpin sebelum disamakan oleh Mario Goetze di menit 74.

Secara keseluruhan Bayern menguasai permainan. Statistik Eurosport menunjukkan bahwa The Bavarians unggul penguasaan bola hingga 59,6% berbanding 40,4 persen kepunyaan Dortmund.

Tim tuan rumah juga lebih agresif dengan melepaskan 14 tembakan namun cuma lima yang mengarah ke gawang. Sedangkan Die Borussen melakukan 12 kali percobaan juga lima di antaranya mengarah ke sasaran.

Dengan satu poin yang didapat, Bayern masih menguasai pucuk klasemen dengan 38 poin hasil 15 kali bertanding, terpaut delapan poin dari saingan terdekatnya Bayer Leverkusen dan 11 poin dari Dortmund di posisi ketiga.

Peluang buat Dortmund di menit keempat. Manuel Neuer salah mengamankan bola yang justru jatuh ke jalur Marco Reus. Sayang sekali, Reus dan Robert Lewandowski gagal melakukan kerjasama untuk membuka skor.

Gantian Bayern membalas menyerang. Thomas Mueller menusuk ke kotak penalti Dortmund, namun Neven Subotic berhasil menyapu bola untuk memaksakan sepak pojok.

Reus! Dua menit jelang waktu normal babak pertama Neuer kembali diuji striker Dortmund itu. Dari dalam kotak, Reus melepaskan tendangan voli kaki kiri dan ditepis dengan gemilang pula.

Kedua tim masih mencoba memecah kebuntuan. Pasca re-start, Mats Hummels memperoleh peluang membuka skor. Bola tendangan bebas Mario Goetze, menembus pertahanan Bayern. Hummels yang berada di posisi bebas, gagal menyambut bola.

Gol! Kroos membuka skor. Mueller mengirim opern kepada Kroos, yang sukses memperdaya dua penjaganya sebelum melepaskan tembakan keras untuk menyarangkan bola ke sudut jauh gawang dari pinggir kotak. Bayern 1, Dortmund 0.

Franck Ribery berupaya menambah skor untuk Bayern, empat menit menit kemudian. Akan tetapi, tendangan kerasnya dari pinggir kotak masih melambung tinggi.

Ketinggalan, Dortmund terus melakukan tekanan ke pertahan Bayern. Tak kurang dari 10 menit, Dortmund menyeimbangkan permainan menjadi 1-1 melalui Goetze lewat tendangan dari sisi kiri kotak.

Mueller! Peluang emas untuk Bayern di menit 85. Tusukan Mueller, menaklukkan pertahanan Dortmund sebelum akhirnya melakukan tendangan ke tiang jauh dan melebar tipis.

Bayern masih terus mencari cara untuk memenangi laga. Dua menit berikutnya Mueller kembali menebar ancaman namun kiper Roman Weidenfeller bisa menepisnya dengan ujung jarinya.

Menjelang pertandingan usai, Weidenfeller kembali melakukan penyelamatan brilian untuk menghalau sundulan Javi Martinez dari jarak dekat.
Peluit panjang wasit berbunyi, skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain
BAYERN MUNICH: Neuer, Lahm, Badstuber (Boateng 35'), Dante, Alaba, Martinez, Schweinsteiger, Mueller, Kroos, Ribery, Mandzukic (Gomez 86')

BORUSSIA DORTMUND: Weidenfeller, Schmelzer, Hummels, Subotic (Santana 81'), Piszczek, Bender, Guendogan, Reus, Gotze (Schieber 90'), Blaszczykowski (Perisic 73'), Lewandowski

Berita Terkait: