Spanyol 1-0 China (4/6/2012)

Senin, 04 Juni 2012

Spanyol mencatatkan kemenangan di laga ujicoba terakhirnya menjelang digelarnya Piala Eropa 2012. Berhadapan dengan China, La Furia Roja menang tipis dengan skor 1-0.

Bertanding di Ramon Sanchez Rizjuan, Sevilla, Senin (4/6/2012) dinihari WIB, David Silva tampil sebagai pahlawan Spanyol dengan gol tunggalnya di menit-menit akhir pertandingan.

Kemenangan ini adalah yang ketiga beruntun yang dicetak oleh pasukan Vicente del Bosque. Sebelumnya, Spanyol juga meraih kemenangan atas Venezuela (1/3) dan Serbia (31/5).

Di pertandingan ini, Spanyol mendominasi pertandingan. Statistik Soccernet mencatat tim tuan rumah memiliki 78 persen penguasaan bola dan total 24 tembakan dengan delapan mengarah ke sasaran.

Sedangkan kubu China berhasil melepaskan sembilan tendangan dengan empat di antaranya mengarah ke gawang.

Spanyol justru terancam di awal laga. Di menit delapan, Zheng Zhi maju dan mengitari Iker Casillas namun tembakannya gagal bersarang ke gawang yang sudah kosong.

Dua menit kemudian, Silva menebar ancaman. Menusuk ke kotak penalti lawan, pemain Manchester City itu melepas umpan ke Alvaro Negredo tapi tembakannya masih bisa diselamatkan.

Casillas kembali dibuat jatuh bangun mengamankan gawangnya. Di menit 23, Zheng Zi menusuk sebelum melepaskan tembakan melengkung.

Zheng Zi! China nyaris saja membuka skor tujuh menit kemudian. Lewat kerjasamanya dengan Hai Yu, Zheng melakukan tendangan untuk memaksa Casillas menghalangi dengan kakinya.

Di babak kedua, Spanyol lebih agresif. Sembilan menit pasca restart, Andres Iniesta melakukan dua serangan beruntun namun masih bisa digagalkan kiper lawan.

Albiol! Di menit 62, setelah memperoleh bola hasil sepak pojok di sisi kanan, Raul Albiol melepas sepakan kencang tapi hanya bisa membentur mistar gawang China.

Semenit kemudian mistar gawang kembali menghalangi Spanyol dalam mencetak gol. Iniesta merangsek ke kotak sebelum melepaskan tendangan melengkung.

Di menit 81, Spanyol nyaris membuat gol. Fernando Torres melakukan pergerakan berbahaya sehingga memaksakan sepak pojok. Bola lantas jatuh di kaki Iniesta untuk diarahkan ke gawang tapi bisa diselamatkan.

Gol! Spanyol akhirnya memecah kebuntuan di menit 84. Iniesta, yang mampu membuat perbedaan setelah masuk, memberikan operan matang kepada Silva untuk diceploskan ke gawang yang kosong. Spanyol 1, China 0.

Spanyol hampir menambah keunggulan menjelang laga usai. Juan Mata mengirim umpan silang mendatar kepada Jesus Navas di kotak, namun sebelum bisa diesekusi, bola disapu oleh Sun Xiang.

Susunan Pemain
SPANYOL: Casillas (Valdes 45'), Ramos (Pique 56'), Albiol, Alba, Arbeloa, Busquets (Iniesta 45), Alonso, Xavi (Navas 45'), Silva, Negredo (Torres 45'), Santi Carzola (Mata 68')

CHINA: Lei, Zhao, Xiaoting, Linpeng, Sheng (Jianye 85'), Zhao (Peng 70'), Hai (Zheng 74'), Junmin (Wang 59'), Lin (Yu 87'), Zheng (Liu 65')

Berita Terkait: