Joe Hart: Tango 12 Cepat Sekali

Senin, 04 Juni 2012

Kiper timnas Inggris Joe Hart memprediksi bola resmi Piala Eropa 2012, Tango 12, akan lebih disukai oleh para penyerang ketimbang penjaga gawang di ajang musim panas nanti. Pasalnya, Tango 12 akan bergerak dengan cepat dan bisa menyulitkan para kiper setelah ditendang dengan pas.

Dua tahun lalu, si kulit bundar yang digunakan di Piala Dunia 2012 menuai sejumlah reaksi negatif. Jabulani, nama bola itu, disebut terlalu sulit ditebak pergerakannya setelah disepak keras-keras oleh pemain.

Ketika itu setidaknya ada tiga penjaga gawang yang mengeluhkan Jabulani; Julio Cesar dan Wendell (Brasil) dan Iker Casillas (Spanyol). Cesar menilai Jabulani terasa seperti bola murah sedangkan Casillas menyebutnya seperti bola pantai.

Dari kritik tersebut lantas lahirlah bola Tango 12, yang juga dibuat oleh Adidas. Dibuat berdasarkan rancangan Jabulani, Tango 12 disebut-sebut sudah mengalami modifikasi besar-besaran dibandingkan dengan penerusnya. Bola inilah yang akan tampil di seluruh pertandingan Piala Eropa 2012.

Hart, yang akan mengawal gawang Inggris, sejauh ini belum bisa menilai apakah dirinya akan menyukai atau membenci Tango 12. Ia baru bisa memberi indikasi kalau kiper-kiper mesti beradaptasi lagi karena bola itu akan lebih menguntungkan para pemain depan ketimbang kiper.

"Mereka (Tango 12) sangat cepat. Ketika para pemain menendangnya dengan kuat dan tepat, bolanya melaju deras dan ketika pemain Belgia (dalam laga ujicoba lawan Inggris) menyepaknya dan kena tiang hari Sabtu lalu, aku bahkan kesulitan bereaksi," aku Hart di Sportsmole.

"Akan tetapi kami mulai terbiasa dengan hal semacam ini. Jabulani sudah mengejutkan banyak orang. Sepakbola berubah dan mereka ingin bola yang bergerak cepat. Anda (kiper) cuma harus beradaptasi. Tak ada keluhan, (bolanya) akan sama saja untuk semua," lanjut pemain asal klub Manchester City itu.

Berita Terkait: