Google Akuisisi Meebo, Perusahaan Pembuat Toolbar Social Media

Rabu, 06 Juni 2012

Melalui blog perusahaan, Google mengumumkan telah mengakuisisi Meebo. Perusahaan tersebut merupakan pembuat toolbar yang mengumpulkan konten dari website dan juga menampilkan iklan.

Didirikan pada 2005, Produk utama Meebo ialah sebuah toolbar yang berada di bawah sebuah website. Dengan toolbar tersebut perusahaan menampilkan beberapa pesan pop-up ke pengguna, toolbar ini juga terintegrasi dengan berbagai jejaring sosial termasuk Twitter serta Facebook. Selain itu, toolbar ini juga menawarkan beberapa slot untuk iklan di bagian kanan dan kiri.

Mebbo juga mendukung beberapa aplikasi berbasis web seperti instant messanging yang memungkinkan pengguna mengakses aplikasi pihak ketiga seperti AOL, Yahoo, Google Talk dan sebagainya.

Namun sayangnya, nilai dari proses akuisis ini tidak di informasikan, tetapi dari proses akuisisi yang dilakukan Google, semakin menunjukan, perusahaan tersebut tengah serius untuk membangun layanan belanja online-nya. Baru – baru ini perusahaan asal California tersebut tengah mengembangkan Google Shopping.

Di mana layanan tersebut akan menjadi fitur berbayar, yang akan memanfaatkan mesin pencarian. Pihak perusahaan menjelasakan, nantinya para pengguna cukup mencari kata kunci (key word) tertentu, misalnya sepatu, baju, tas dan sebagainya.

Google sebelumnya mengganti nama layanan "Google Product Search" menjadi "Google Shopping". Selain itu Google juga mengubah beberapa peraturan. Pertama, para pemiliki akun (pedagang) dilayanan tersebut harus membayar sejumlah uang untuk kepentingan iklan. Kedua, penempatan produk ke hasil pencarian umum dengan informasi yang lebih jelas dan foto-foto lebih besar daripada sebelumnya.

Berita Terkait: