Michael Oliver Wasit Termuda Liga Inggris

Jumat, 08 Januari 2010

Hingga saat ini masih banyak pelatih memprotes kinerja wasit yang dianggap tak memuaskan. Dalam kondisi tersebut, pihak English Premier League akan memperkenalkan wasit termudanya di akhir pekan ini.

Michael Oliver nama wasit yang akan mengawali debutnya sebagai pemimpin pertandingan di Liga Inggris dalam laga Fulham berhadapan dengan Portsmouth, Sabtu 09/01/2010 besok waktu setempat.

Dengan usia yang baru 24 tahun, Oliver akan tercatat sebagai wasit termuda yang memimpin pertandingan divisi teratas Liga Inggris sejak era Premier League dimulai tahun 1992 lalu. Dia memecahkan rekor sebelumnya milik Stuart Attwell yang melakukan debut sebagai wasit di usia 25 tahun pada 2008 lalu.

Oliver bisa dikatakan memiliki bakat seperti ayahnya yang juga anggota korps baju hitam. Namun pemuda asal Northumberland itu bisa lebih hebat dari ayahnya yang tak pernah memimpin pertandingan di level atas.

Meski sempat diterima di akademi sepakbola Newcastle United, Oliver sudah mulai menjadi wasit sejak usia 14 tahun Liga Coast Colts. Di umur 16 dia naik level memimpin pertandingan senior di Liga Morpeth Sunday.

Sebagai wasit, Oliver sebelumnya juga sudah beberapa kali memecahkan rekor. Dia sempat menjadi linesman termuda di Football League, wasit termuda di Football League, wasit termuda yang memimpin pertandingan di Wembley dan ofisial keempat termuda di Premier League.

"Saya tertarik menjadi wasit setelah melihat ayah saya saat saya masih muda. Buat saya dia adalah wasit yang sempurna. Dia mau mendengarkan dan suka menolong. Dia selalu berkata yang sejujurnya," ujar Oliver.

Berita Terkait: