Jordi Roura, Pengganti Sementara Vilanova

Kamis, 20 Desember 2012

Asisten Pelatih Barcelona, Jordi Roura akan mengambil alih sementara tim utama Blaugrana saat Tito Vilanova harus menjalani operasi dan harus beristirahat setidaknya enam pekan.

Roura yang juga merupakan jebolan La Masia akan menjalani tugas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh Vilanova, sambil menanti kesembuhan pelatih berusia 44 tahun itu dari penyakit tumor yang kembali menyerangnya.

Roura memulai kariernya di Camp Nou, dan kemudian menjadi pelatih di Jepang bersama Flugels Yokohama, sebelum pindah ke Terrassa FC sampai 2007. Pria berusia 45 tahun ini kemudian pindah ke L'Hospitalet, klub divisi tiga Spanyol, sebelum dia bergabung sebagai staf teknis Pep Guardiola pada tahun 2009 dengan tugas menganalisis tim lawan.

Setelah kepergian Guardiola pada bulan Juni lalu, dan promosi Vilanova sebagai pelatih kepala Barcelona, posisi Roura langsung melejit naik mengisi jabatan asisten pelatih tim utama Blaugrana.

Vilanova sempat menjalani operasi tumor kelenjar ludah di tenggorokannya pada November 2011, namun penyakit itu belum sembuh total, dan dia diperkirakan akan menjalani operasi pada hari Kamis (20/12/2012) sekaligus membutuhkan waktu enam pekan untuk pemulihan.

Vilanova dijadwalkan untuk tetap di rumah sakit selama tiga atau empat hari, dan kemudian menjalani kemoterapi dan radioterapi selama enam pekan berikutnya. Barca sendiri akan bermain kontra Real Valladolid pada akhir pekan ini, sebelum menjalani liburan musim dingin selama dua pekan.

Sementara itu, bek Eric Abidal kembali berlatih dengan tim utama setelah absen selama sembilan bulan usai menjalani operasi hati. Pemain internasional Prancis itu tidak bermain sepakbola kompetitif sejak 26 Februari 2012, tapi berharap untuk kembali beraksi dalam beberapa pekan mendatang.

Berita Terkait: