Everton 1-2 Chelsea (30/12/2012)

Senin, 31 Desember 2012

Chelsea berhasil memetik hasil positif dalam lanjutan Liga Inggris. The Blues yang sempat tertinggal lebih dulu akhirnya bisa menang 2-1 berkat sumbangan dua gol Frank Lampard.

Pada pertandingan yang berlangsung di Goodison Park, Minggu (30/12/2012) malam WIB, The Toffees unggul lebih dulu lewat gol cepat yang dicetak oleh Steven Pienaar. Lampard menyamakan kedudukan saat babak pertama tinggal menyisakan tiga menit.

Chelsea akhirnya bisa unggul 2-1 setelah Lampard mencetak gol kedua. Tendangan Mata berujung kemelut di muka gawang Everton, Lampard yang mendapatkan bola menjebol gawang tuan rumah untuk kali kedua.

Dengan kemenangan ini, Chelsea kini menempati peringkat tiga klasemen sementara dengan raihan 38 poin hasil dari 19 kali berlaga.

Sementara bagi Everton, kekalahan ini tak berpengaruh pada posisi mereka di peringkat enam dengan torehan 33 angka yang diraih dalam 20 pertandingan.

Everton langsung tancap gas begitu laga dimulai. Hasilnya, Pienaar bisa langsung mengemas gol saat pertandingan baru berumur satu menit.

Gol itu berawal dari bola muntah hasil sundulan Nikica Jelavic menyambut umpan Victor Anichebe yang cuma membentur mistar kanan gawang, Petr Cech.

Pienaar yang berdiri bebas langsung melakukan tendangan keras yang membawa tuan rumah unggul 1-0.

Tujuh menit kemudian, Jelavic kembali membahayakan gawang Chelsea. Lewat sebuah tendangan bebas, sepakannya cuma membentur mistar gawang.

Chelsea mendapatkan peluang pertama di menit ke-21. Tapi, kans yang datang lewat sepakan spekulasi Ramires itu masih melebar.

Leon Osman ganti mengancam gawang tim besutan Rafael Benitez itu. Kali ini Pienaar yang memberikan umpan pada Osman. Ia lalu mendang bola keras-keras tapi masih bisa diantisipasi oleh Cech.

Semenit berselang Ramires kembali melakukan sepakan yang lagi-lagi melebar dari gawang yang dijaga oleh Cech.

Everton hampir menambah gol lewat Jelavic di menit 36. Pienaar mengirimkan umpan terobosan menyilang dari sayap kanan yang berhasil digapai oleh striker asal Kroasia itu. Jelavic lalu menembak bola ke arah gawang yang masih bisa ditepis Cech.

Chelsea akhirnya bisa menyamakan kedudukan lewat sundulan Lampard tiga menit menjelang babak pertama usai. Berawal dari umpan Ramires di sisi kiri pertahanan Everton, Lampard yang berdiri bebas bisa meyundul bola masuk ke gawang Howard.

Di menit 61, Leighton Baines melakukan tendangan lambung ke arah kanan gawang yang dijaga oleh Ross Turnbull yang masuk menggantikan Cech di awal babak kedua. Sepakan itu berawal dari umpan tumit Pienaar.

Fernando Torres memaksa Howard berjibaku dengan satu sepakan dari luar kotak penalti di menit ke-66. Tendangannya itu berhasil ditepis ke arah kiri gawang Howard.

Jelavic tampaknya benar-benar akrab dengan tiang gawang pada laga kali ini. Baines melakukan tusukan dari sayap kanan bisa melepasa umpan silang. Sial, sundulan Jelavic di menit 69 masih membentur tiang kanan gawang Chelsea.

Chelsea akhirnya berbalik unggul dua menit kemudian. Tendangan Mata berujung kemelut di muka gawang Everton, Lampard yang mendapatkan bola menjebol gawang tuan rumah untuk kali kedua.

Di sisa laga kedua tim tak dapat menambah gol, Chelsea pun menang dengan skor akhir 2-1.

Susunan Pemain
Everton: Tim Howard, Leighton Baines, John Heitinga, Phil Jagielka, Sylvain Distin, Steven Naismith (Apostolos Vellios 77), Thomas Hitzlsperger (Ross Barkley 78), Leon Osman, Steven Pienaar (Bryan Oveido 81), Nikica Jelavic, Victor Anichebe

Chelsea: Petr Cech (Ross Turnbull 46), Branislav Ivanovic, Ashley Cole, Gary Cahill, Cesar Azpilicueta, David Luiz, Ramires, Frank Lampard, Eden Hazard (Victor Moses 74), Fernando Torres, Juan Mata (Oscar 85)

Berita Terkait: