Chelsea 5-1 Leeds United (20/12/2012)

Kamis, 20 Desember 2012

Chelsea tampil gemilang saat menyingkirkan Leeds United dari Piala Liga Inggris. sempat tertinggal di babak pertama, The Blues kemudian mengamuk dan menang dengan skor telak 5-1.

Dalam laga perempatfinal di Elland Road, Kamis (20/12/2012) dinihari WIB, Luciano Becchio membawa Leeds memimpin di babak pertama. Namun di babak kedua Chelsea menggelontorkan lima gol ke jala tuan rumah, masing-masing dari Juan Mata, Branislav Ivanovic, Victor Moses, Eden Hazard dan Fernando Torres.

Dengan hasil ini 'Si Biru' jadi tim terakhir yang melaju ke semifinal Piala Liga Inggris dan pengundian akan dilakukan setelah laga ini.

Chelsea mengambil inisiatif serangan lebih dulu di menit kelima ketika tembakan Oscar mengarah ke gawang tapi masih bisa diblok. Bola rebound disambar Victor Moses tapi Jamie Ashdown dengan sigap menepisnya.

Tim tamu lebih mendominasi jalannya laga dan mendapat peluang lagi di menit 22 lewat Moses, tapi lagi-lagi Ashdown mampu mengagalkan peluang Chelsea.

Leeds memimpin lebih dulu di menit 35 ketika serangan balik Leeds berhasil menembus pertahanan Chelsea. Jerome Thomas di sisi kiri mengirimkan umpan silang mendatar yang disambut Becchio dengan sepakan yang menjebol jala Petr Cech.

Setelahnya Chelsea kian bernafsu mencari gol penyama kedudukan dan di menit 41 Frank Lampard melepaskan tembakan yang bolanya masih bisa diblok Ashdown.

Di masa injury time Ashdown kembali mengagalkan peluang Chelsea. Tembakan bebas Lampard meluncur deras ke pojok kiri gawang tapi tangan kiri Ashdown mampu menghalau si kulit bundar dengan sempurna.

Semenit setelah restart Chelsea langsung bisa menyamakan kedudukan lewat Mata. Moses mengirimkan bola ke Mata yang dari luar kotak penalti langsung menempatkan bola ke sudut kanan gawang Ashdown dengan kaki kirinya.

Di menit 57 crossing Azpilicueta menemui Torres di kotak penalti tapi bola hasil tandukannya masih bisa dihadang Ashdown. Tiga menit setelahnya giliran Lampard kembali menguji Ashdown lewat tembakan jarak jauh tapi bisa ditepis.

Ivanovic! Di menit 64 Chelsea berbalik unggul ketika korner Lampard disambut sundulan Ivanovic dari tiang dekat dan menjebol jala Leeds.

Skor berubah jadi 3-1 dua menit berselang dari aksi individu Moses yang dituntaskan sepakan kaki kanan yang membuat bola bersarang di pojok kanan gawang tuan rumah.

Chelsea menambah gol lagi di menit 81 lewat kaki Hazard. Bola umpan panjang Luiz dari daerah permainan sendiri diterima dengan baik oleh Hazard sebelum dikirimkan ke dalam gawang Ashdown.

Semenit setelahnya Torres memaksa Ashdown memungut bola kelima kalinya dari jala sendiri lewat sebuah tembakan jarak dekat meneruskan assist Hazard. Skor kini berubah jadi 5-1 untuk Chelsea dan bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain
Leeds: Ashdown, Byram, Lees, Pearce, Peltier, Green, Brown (Norris 72'), Tonge, Thomas (White 67'), Diouf (McCormack 72'), Becchio

Chelsea: Cech, Azpilicueta, Ivanovic, Luiz, Bertrand (Cole 74'), Lampard, Oscar, Marin (Hazard 60'), Mata (Ferreira 85'), Moses, Torres

Berita Terkait: