Gerardo Martino Resmi Tangani Barcelona

Selasa, 23 Juli 2013

Gerardo Martino dilaporkan sudah ditunjuk oleh Barcelona menjadi pelatih baru. Menurut Guardian, pria 50 tahun ini telah menandatangani kontrak tiga tahun dengan Alzugrana.

Keputusan Barca menunjuk Martino didukung penuh oleh pelatih fisik yang bekerja sama di Newell's Old Boys, Elvio Paolorroso. Paolorroso menilai pelatih yang membawa Newell's melaju ke semifinal Copa Libertadores musim lalu itu sebagai sosok yang tepat untuk menangani Barcelona.

"Gaya permainan Newell's sangat mirip dengan Barcelona, dalam hal mempertahankan bola, rotasi, umpan-umpan dan sentuhan, serta pertahanan," kata Paolorroso pada RAC1.

"Saya rasa Newell's memiliki hal yang mirip dengan Barca. Mereka meraih gelar juara dan mencapai babak akhir di Copa Libertadores. Saya yakin dia (Martino) adalah pelatih yang bisa beradaptasi sempurna dengan gaya Barcelona," sambungnya.

Menurut Paolorroso, tim yang dilatih Martino tak boleh asal menendang bola. Para pemain harus mencari rekan setimya, meskipun harus melakukan umpan jarak jauh.

Martino memiliki 15 tahun pengalaman melatih. Dia juga sempat melatih timnas Paraguay selama empat tahun. Di Newell's, pria 50 tahun ini tampil dalam 500 pertandingan. Martino hanya memiliki sedikit pengalaman di Spanyol. Namun itu tak dianggap menjadi masalah.

"Satu keistimewaan dari Martino adalah dia terbiasa dengan keistimewaan setiap negara. Contohnya, di Paraguay, dia beradaptasi dengan kebudayaan pemain Paraguay. Sebaliknya, lawan menyesuaikan diri dengannya. Itu hal yang penting," ungkap Paolorroso.

"Kami harus berhati-hati. Apa yang Barcelona tunjukkan pada dunia adalah sesuatu yang sangat besar. Barcelona adalah tempat istimewa, jadi kami tidak menunjukkan kecemasan atau kegembiraan," katanya menambahkan.

Barcelona berharap segera membuat pengumuman resmi dalam beberapa hari mendatang. Namun, kemungkinan hingga setelah Rabu besok. Karena, sangat mepet bagi Martino untuk langsung memimpin Barca yang akan melawan Bayern Munich di laga persahabatan Rabu besok.

Berita Terkait: