Torehan-torehan Statistik Sir Alex Ferguson

Kamis, 09 Mei 2013

Sepanjang kariernya sebagai manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson sudah menorehkan banyak catatan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

*Seperti dilansir oleh Castrol Football, Sir Alex sudah mencatat 527 kemenangan di Premier League. Jumlah tersebut masih unggul atas jumlah kemenangan gabungan dari 14 orang manajer yang berada di Premier League saat ini.

*Opta menyebut, United sudah meraih 304 kemenangan dari 404 laga kandang di Premier League di bawah arahan Sir Alex. Persentase kemenangannya adalah 75%.

*Opta menyebut, 527 kemenangan yang ditorehkan Sir Alex jauh mengungguli manajer-manajer lainnya. Setidaknya 161 lebih banyak, bahkan dari Arsene Wenger (366 kemenangan) sekalipun.

*Opta menyebut, satu-satunya manajer yang punya persentase kemenangan lebih baik dari Sir Alex adalah Jose Mourinho. Sir Alex (65%), sementara Mourinho (70%).

*Hanya Sir Alex, Wenger, dan Harry Redknapp yang punya pertandingan lebih banyak di Premier League ketimbang David Moyes.

*Selama kariernya di United, Sir Alex sudah dua kali membawa tim tersebut dua kali meraih tiga gelar juara berurutan, yakni dari kurun waktu 1999-2001 dan 2007-2009.

Selain catatan-catatan di atas, Sir Alex juga tercatat telah memenangi 49 trofi selama kariernya sebagai manajernya. Di antaranya termasuk 13 trofi Premier League dan dua trofi Liga Champions bersama United.

Sir Alex mengumumkan bahwa dirinya pensiun setelah musim ini habis pada Rabu (8/5/2013) sore WIB. Siapa penggantinya, sampai saat ini masih jadi spekulasi.

Berita Terkait: