Musik Video Buatan Astronot Populer di Youtube

Selasa, 21 Mei 2013


Sebuah video musik yang direkam di Stasiun Antariksa Internasional menyebar secara luas di Internet Senin (13/5), membuat seorang astronot menjadi sensasi musik instan karena membawakan lagu hit dari David Bowie “Space Oddity.”

Sebagai orang Kanada pertama yang memimpin stasiun antariksa, sebuah proyek US$100 juta milik 15 negara, Chris Hadfield, 53, sudah mencatatkan dirinya dalam sejarah.

Namun saat ia bersiap kembali ke Bumi, Senin, setelah berada di orbit selama lebih dari lima bulan, Hadfield merilis video yang memperlihatkan ia menyanyikan lagu Bowie tersebut, yang pertama kali dirilis pada 1969 sebelum pendaratan Apollo 11 di bulan.
Menurut NASA, video musik tersebut merupakan yang pertama yang pernah dibuat di luar angkasa. Video tersebut telah mendapat 14 juta klik di YouTube Selasa pagi.

Lengkap dengan lirik yang disesuaikan dan rekaman video kualitas tinggi dari stasiun luar angkasa yang diambil Hadfield dan kru-nya, video tersebut menunjukkan astronot tersebut bernyanyi tentang akhir misi antariksanya sambil melayang di tengah udara di atas Bumi.

Hadfield, astronot NASA Tom Marshburn dan kosmonot Rusia Roman Romanenko, telah melalui jutaan kilometer karena mengitari jarak 400 kilometer di atas Bumi dalam 5,5 bulan terakhir.

Nyanyian dan permainan gitar akustik Hadfield dilatarbelakangi gambar-gambar menakjubkan dari stasiun antariksa yang melayang sekitar Bumi, gitar yang melayang dalam ruang hampa dan kostum astronot.

Video tersebut, yang disunting dengan bantuan putra Hadfield, Evan, dan dengan dukungan David Bowie, berakhir dengan kapsul Soyuz turun dengan parasut ke Bumi.

Video tersebut bukan penampilan publik pertama Hadfield. Ia merupakan vokalis utama dan pemain guitar bass dari band rock berbasis di Houston yang beranggotakan astronot, Max Q.

Berita Terkait: