Mulai 2015/16, Juara Liga Europa ke Liga Champions

Sabtu, 25 Mei 2013

UEFA akhirnya resmi memutuskan juara Liga Europa mulai musim 2015/2016 mendatang memperoleh tiket tampil fase grup Liga Champions.

Keputusan itu diambil dalam rapat Komite Eksekutif UEFA di London, Jumat (24/5) kemarin.

Yang menarik, jika sang juara Liga Europa juga lolos ke Liga Champions lewat kompetisi domestik, maka tiket ke kompetisi paling bergengsi itu dinyatakan gugur dan tak berlaku bagi runner-up Liga Europa.

Selain itu, peraturan ini membuka peluang salah satu dari La Liga, Premier League, dan Bundesliga diwakili lima tim pada ajang Liga Champions.

“Saya sudah memikirkan ini sejak lama. Senang rasanya bisa meningkatkan gengsi Europa League,” kata Presiden UEFA Michel Platini. “Final Liga Europa tahun ini antara Chelsea dan Benfica sebenarnya bisa menjadi final Liga Champions itu sendiri dan kini saya berharap hal ini bisa menaikkan daya tarik kompetisi.”

Sejak berganti nama dari Piala UEFA menjadi Liga Europa pada musim 2009/2010, kompetisi ini hanya dianggap sebagai kewajiban semata oleh para partisipannya karena minimnya hadiah bila dibandingkan dengan yang diterima di Liga Champions.

“Memang benar antusiasme di dua kompetisi Eropa selama ini amat berbeda tapi keputusan ini akan mendorong perubahan besar di kancah Eropa,” ujar Sekretaris Jenderal UEFA Gianni Infantino.

Berita Terkait: