LeBron James Raih MVP 2012/2013

Senin, 06 Mei 2013

Penghargaan individual paling prestisius Most Valuable Player (MVP) masih menjadi milik LeBron James. Bintang Miami Heat itu terpilih sebagai pemain terbaik musim reguler 2012/13.

Diwartakan Reuters, ini merupakan gelar MVP keempat James dalam lima tahun. Sebelumnya, forward berusia 28 tahun itu meraihnya pada 2009, 2010 dan 2012.

Pencapaian ini membuat James masuk daftar elite. Sampai saat ini baru ada empat pebasket yang mampu meraih titel MVP setidaknya empat kali yakni Kareem Abdul-Jabbar, Michael Jordan, Bill Russell dan Wilt Chamberlain.

Rekor MVP terbanyak masih dipegang Abdul-Jabbar dengan enam trofi, satu trofi lebih banyak dari Jordan serta Russell dan dua lebih banyak dari Chamberlain dan James.

James tampil impresif di musim ini dengan rata-rata mengemas 26,8 poin, delapan rebound dan 7,3 assist. Mantan pemain Cleveland Cavaliers itu jadi salah satu kunci sukses Heat memuncaki klasemen Wilayah Timur dengan rekor terbaik dalam sejarahnya.

Meski senang menjadi pebasket terbaik namun gelar MVP bukanlah tujuan utama James. Ia mengungkapkan prioritasnya adalah merebut gelar juara NBA bersama Heat.

"Tak mungkin aku bisa memperoleh ini tanpa 14 rekanku yang lain dan pengorbanan yang mereka lakukan untukku," ungkap James. "Aku sangat senang tapi aku berharap ada 15 trofi di sini karena ada sebuah kelompok pria-pria hebat yang memungkinkan aku menjadi MVP.

"Tujuan utamaku adalah memenangi kejuaraan NBA. Itu alasan mengapa aku dibawa kemari. Itulah mengapa aku bergabung Heat saat aku menjadi free agent pada 2010. Tujuannya bukan karena trofi-trofi MVP. Tujuannya adalah untuk memenangi sebuah musim kompetisi dan banyak musim kompetisi lagi -- dan itu masih menjadi prioritas utamaku"

Berita Terkait: