Chelsea Juara Liga Europa, Inggris Samai Spanyol

Kamis, 16 Mei 2013

Keberhasilan Chelsea menjuarai Liga Europa membuat klub Inggris sudah tujuh kali jadi kampiun Piala UEFA/Liga Europa. Jumlah itu setara dengan klub-klub Spanyol dan cuma kalah dari Italia.

Di final Liga Europa musim 2012/13 Chelsea sukses menyungkurkan Benfica di Amsterdam Arena, Kamis (16/5/2013) dinihari WIB. Chelsea menang 2-1.

Kemenangan 'Si Biru' itu membuat klub Inggris sudah tujuh kali menjadi pemenang di Piala UEFA/Liga Europa, membuatnya ada di posisi dua peringkat pemenang kompetisi itu bersama Spanyol. Cuma Italia, sembilan gelar, yang punya klub pemenang lebih banyak. Demikian disebut situs resmi UEFA.

Namun demikian, Chelsea menjadi klub Inggris pertama yang menyabet gelar juara semenjak format kompetisi itu berubah menjadi Liga Europa mulai musim 2009–10. Sebelumnya ada Liverpool yang meraih gelar Piala UEFA 2000–01.

Liverpool sekaligus menjadi klub Inggris tersukses di Piala UEFA/Liga Europa, dengan total tiga trofi. Tottenham Hotspur ada di posisi berikutnya dengan dua piala, sedangkan Ipswich Town dan Chelsea memiliki masing-masing satu gelar.

Pemenang Piala UEFA/Liga Europa berdasarkan negara (dalam kurung menandakan runners-up)
Italia – 9 (6)
Inggris – 7 (5)
Spanyol – 7 (5)
Jerman – 6 (8)
Belanda – 4 (2)
Portugal – 2 (4)

Berita Terkait: