Borussia Dortmund 1-1 Bayern Munich (5/5/2013)

Minggu, 05 Mei 2013

Tak ada pemenang muncul saat Borussia Dortmund dan Bayern Munich saling berhadapan di pekan ke-32 Liga Jerman. Pertemuan antara dua finalis Liga Champions itu berkesudahan dengan 1-1.

Bermain di Signal Iduna Park, Minggu (5/5/2013) dinihari WIB, laga Dortmund dengan Bayern berlangsung sengit dan dalam tempo tinggi. Rivalitas keduanya dalam beberapa musim terakhir, kepindahan Mario Goetze dan pertemuan keduanya di final Liga Champions musim ini membuat kedua tim bermain ngotot, meski laga tak lagi menentukan apapun lantaran Die Roten sudah memastikan jadi juara.

Kevin Grosskreutz lebih dulu membawa tuan rumah unggul di menit 11. Namun Bayern mampu menyamakan melalui tandukan Mario Gomez di menit 23.

Die Borussen sebenarnya punya peluang matang mencetak gol tambahan andai tendangan penalti Robert Lewandowski tidak dihalau kiper Manuel Neuer. Apalagi FC Hollywood harus kehilangan satu pemain menyusul kartu merah terhadap Rafinha di babak kedua.

Pertandingan baru berjalan 11 menit Dortmund sudah membuka keunggulan atas tamunya. Membangun serangan dari sisi kiri, Scheiber yang mendapatkan bola langsung melepaskan umpan ke tiang jauh gawang di mana berdiri Grosskreutz. Tendangan yang dilepaskan Grosskreutz mengarah ke sisi atas gawang dan gol.

Dua menit kemudian Dortmund menciptakan peluang bagus lainnya. Diawali dengan kerjasama satu-dua antara Gundogan dengan Lwandwoski, dia kemudian menusuk masuk ke kotak penalti. Namun akselerasinya dihentikan oleh kiper Neuer yang keluar dari gawangnya.

Di menit 23 Bayern berhasil mencetak gol penyama. Umpan Rafinha dari sisi kanan pertahanan tepat menemui Gomez yang berdiri tanpa kawalan ketat di tengah kotak penalti. Tandukan Gomez sempat membentur tiang sebelum akhirnya masuk ke gawang.

Bayern punya kans membalikkan keadaan di awal babak kedua. Tusukan Pizarro ke dalam kotak penalti dihentikan Subotic, di mana kejadian tersebut membuat Pizzaro terjatuh. Namun wasit memutuskan kalau tidak ada penalti dari kejadian tersebut.

Memasuki menit 58 Dortmund dapat hadiah penalti menyusul tendangan Sahin yang mengenai tangan Boateng. Maju sebagai eksekutor, tendangan Lewandowski ke arah kanan terbaca dengan sangat baik oleh Neuer.

Drama lain terjadi di menit 68 saat Rafinha diusir wasit dari lapangan setelah menyikut Blaszczykowski dalam sebuah perebutan bola. Saat berjalan meninggalkan lapangan Rafinha terlihat berkonfrontasi dengan Juergen Klopp.

Tak ada gol tambahan tercipta di sisa pertandingan. Hingga laga tuntas skor bertahan di angka 1-1.

Susunan Pemain
Borussia Dortmund: Roman Weidenfeller, Neven Subotic, Kevin Grokreutz, Felipe Santana, Marcel Schmelzer, Sebastian Kehl, ('71 Marco Reus), Ilkay Gndogan ('14 Moritz Leitner), Jakub Blaszczykowski, (Sven Bender), Nuri Sahin, Julian Schieber, Robert Lewandowski

Bayern MunichManuel Neuer, Daniel van Buyten, Rafinha, Jerome Boateng, Diego Contento, Xherdan Shaqiri, Claudio Pizarro, ('76 Thomas Mller), David Alaba, ('90 Pierre Hojbjerg), Luis Gustavo Dias, Anatoliy Tymoschuk, Mario Gomez, Emre Can

Berita Terkait: