Benfica 3-1 Fenerbahce, Benfica Lolos (3/5/2013)

Jumat, 03 Mei 2013

Benfica berhasil mengalahkan Fenerbahce pada semifinal leg II dengan skor akhir 3-1 di Estadio da Luz, Jumat (3/5) dinihari WIB. Dengan hasil ini Benfica melangkah ke lolos ke final dengan agregat 3-2.

Selanjutnya, klub Portugal itu akan menghadapi mantan juara Liga Champions, Chelsea yang menyisihkan Basel. Partai final akan digelar di markas Amsterdam ArenA pada 15 Mei.

Benfica langsung melakukan tekanan sejak awal pertandingan. Di menit kelima, dari hasil kerjasamanya dengan Nicolas Gaitan, Oscar Cardozo melepaskan tendangan kaki kiri meski belum menguji kiper Volkan Demirel.

Gol yang ditunggu-tunggu Benfica tercipta tidak lama kemudian. Tepatnya di menit kesembilan, Gaitan membuka skor setelah menyelesaikan bola umpan silang Lima dari sayap kanan. Agregat kini berimbang 1-1.

Fenebahce mengembalikan keunggulan agregatnya. Di menit ke-23, Dirk Kuyt menyamakan skor dari tendangan penalti setelah bek Ezequiel Garay melakukan pelanggaran di area terlarang.

Kuyt berhasil memperdaya Arthur dengan mengirim bola ke sudut atas gawang. Skor pertandingan kini berubah menjadi 1-1.

Respons sempurna dari Benfica. Umpan cantik Enzo Perez diterima Cardozo di dalam kotak dan diteruskan dengan sepakan kaki kiri yang melewati penjagaan Volkan. Benfica berbalik unggul 2-1 di menit ke-35 (agregat 2-2).

Kuyt! Fenerbahce nyaris menambah keunggulannya lima menit menjelang waktu normal babak pertama berakhir.

Berawal dari serangan balik, Reto Ziegler mengirim bola ke tengah tapi gagal dijangkau Moussa Sow. Kuyt menyambut bola dengan tendangan dari sudut sempit namun cuma berakhir di sisi luar gawang Benfica.

Lima menit pertama babak II, Benfica melewatkan sebuah peluang bagus. Tendangan Cardozo ke tiang jauh cukup berbahaya.

Gol! Benfica kini mengungguli Fenerbahce 3-1 di menit ke-66. Tendangan Luisao di dalam kotak jatuh di jalur Cardozo dan diteruskannya dengan sepakan ke yang bersarang di pojok gawang. Benfica unggul agregat 3-2.

Volkan melakukan penyelamatan penting enam menit berselang. Ia menggagalkan sepakan Gaitan dari jarak dekat.

Pemain pengganti Miroslav Stoch menebar ancaman di menit ke-80. Mendapat ruang di sisi kanan, Stoch melakukan tusukan sebelum melepaskan tembakan kaki kanan yang memaksa Artur jatuh untuk menyelamatkan gawangnya.

Susunan Pemain
BENFICA: Artur, Luisao, Pereira, Garay, Almeida, Gaitan (Roderick 90+3), Matic, Perez, Cardozo (Urreta 87), Lima, Salvio

FENERBAHCE: Volkan, Egemen, Yobo (Stoch 75), Ziegler (Irtegun 61), Gokhan, Cristian, Selcuk (Topuz 45), Salih, Caner, Sow, Kuyt

Berita Terkait: