Bayern Munich 3-0 Barcelona (2/5/2013)

Kamis, 02 Mei 2013

Bayern Munich menang mutlak atas Barcelona. Sudah menang 4-0 di leg pertama, kini mereka menang 3-0 di Camp Nou. Die Roten pun akhirnya lolos ke final.

Barca dan Bayern masih bermain sama kuat 0-0 pada paruh pertama pertandingan yang berlangsung di Camp Nou, Kamis (2/5/2013) dinihari WIB.

Parade gol The Bavarians baru dimulai oleh Arjen Robben pada meniit ke 48. Gerard Pique mencetak gol bunuh diri pada menit 72 hingga Bayern pun menggandakan keunggulan.

Thomas Mueller membawa Bayern menjauh berkat golnya yang dicetak dengan sundulan kepala empat menit berselang.

Tujuh gol yang tercipta di kedua leg menegaskan kemutlakan Bayern atas raksasa Spanyol. Tim besutan Jupp Heynckes itu bahkan tidak membiarkan Barca mencetak gol ke gawang mereka satu kali pun.

Di babak final yang akan berlangsung di Wembley pada 25 Mei mendatang, Bayern sudah ditunggu oleh tim asal Jerman lainnya, Borussia Dortmund.

Kans pertama Barca hadir pada menit ke sembilan. Lewat satu skema sepakan bebas, Marc Batra melakukan satu sundulan meneruskan umpan dari Xavi. Sial, bola sundulannya jauh melayang di atas gawang.

Robben mendapatkan kans emas pada menit 11. Menerima umpan terobosan Bastian Schweinsteiger, dia tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Victor Valdes. Tapi, bola masih bisa diamankan oleh Gerard Pique.

Pedro melepaskan sepakan spekulasi dari luar kotak penalti pada menit 23. Tapi, Manuel Neuer masih sigap hingga mampu menepis bola.

Xavi gagal memanfaatkan kans emas di menit 26. Umpan sundulan Cecs Fabregas dari dalam kotak penalti menyambut umpan Dani Alves, diteruskan Xavi dengan tendangan voli kaki kanan yang masih melesat.

Kombinasi Xavi dan Cecs Fabregas di menit 30 masih belum membuahkan hasil Fabregas gagal menguasai bola sodoran Xavi dari sisi kotak penalti Bayern hingga mampu ditangkap dengan mudah oleh Neuer.

Lini belakang Bayern masih tampil prima hingga menit ke-33. Kali ini giliran sepakan Andres Iniesta yang mampu diblok.

Adriano mencoba peruntungan di menit 40. Belum juga membuahkan hasil bagi Barca, sepakan Adriano yang lemah mengarah gawang itu dengan sempurna bisa ditangkap oleh Neuer.

Bayern langsung unggul begitu babak kedua dimulai. Gol The Bavarians itu tercipta lewat kaki Robben pada menit ke-48.

Satu tendangan Valdes berhasil dikuasai oleh David Alaba. Lewat satu umpan jauh dari lini belakang, Robben berhasil menguasai bola lalu melepaskan tendangan melengkung dari sisi kanan pertahanan Barca yang menjebol gawang tuan rumah.

Tujuh menit kemudian Robben kembali mengancam. Kali ini sepakan volinya meneruskan crossing Franck Ribery masih melebar.

Barca melakukan pergantian pemain pertama di menit yang sama. Xavi keluar, Alexis Sanchez masuk. Perubahan taktik kedua dilakukan Tito Vilanova menit 65 dengan menarik Inista digantikan oleh Thiago Alcantara.

Bayern memutuskan untuk menyimpan Schweinsteiger pada menit 66. Dia yang sudah mengantongi kartu kuning digantikan oleh Gustavo pada menit 67.

Pedro melepaskan sepakan spekulasi pada meit 71. Tapi karena masih lemah, Neuer masih bisa menangkapnya dengan sempurna.

Bayern menggandakan keunggulan berkat gol bunuh diri Pique pada menit 72. Dia salah mengantisipasi umpan silang Ribery dari sayap kiri hingga membelokan bola masuk ke gawang sendiri.

Wakil Jerman itu kian dominan dengan gol ketiga yang dikemas Mueller lewat sundulan kepala empat menit kemudian.

Vilanova melakukan perubahan strategi terakhir dengan mengganti Batra dengan Motoya pada menit 87, tapi perubahan strategi itu tak membuahkan hasil bagi Barca.

Hingga pertandingan berakhir Barca tak mampu mencetak gol balasan, Bayern mengakhiri laga dengan skor akhir 3-0 dan menang agregrat 7-0.

Susunan Pemain
Barcelona: Valdes, Dani Alves, Pique, Bartra (Montoya 87), Adriano, Xavi (Sanchez 55), Song, Iniesta (Thiago 64), Villa, Fabregas, Pedro

Bayern Munich: Neuer, Lahm (Rafinha 77), Boateng, Van Buyten, Alaba, Javi Martinez (Tymoshchuk 74), Schweinsteiger (Gustavo 67), Robben, Mueller, Ribery, Mandzukic

Berita Terkait: