Barcelona Juara Liga Spanyol 2012/2013

Senin, 13 Mei 2013

Barcelona merebut kemenangan setelah memastikan diri menjadi kampiun La Liga 2012/13. Bertandang ke markas Atletico Madrid, Barca memetik kemenangan dengan skor akhir 2-1.

Gelar juara resmi menjadi milik Los Cules setelah rival terdekatnya, Real Madrd hanya bermain seri dengan skor akhir 1-1 melawan Espanyol pada pertandingan sehari sebelumnya.

Menghadapi Altetico di Vicente Calderon yang berakhir Senin (13/5) kedua tim bermain sama kuat tanpa gol di sepanjang babak pertama. Gol-gol baru tercipta di paruh kedua.

Tim tuan rumah unggul lebih dulu dengan gol Radamel Falcao. Alexis Sanchez kemudian menyeimbangkan permainan sebelum gol bunuh diri Gabi memastikan kemenangan Barcelona.

Tiga angka tambahan yang didapat membuat pasukan Tito Vilanova itu kini mengemas 91 angka dari 35 kali bertanding sedangkan Atletico tetap di peringkat ketiga dengan 72 poin hasil 36 pertandingan.

Atletico melakukan tekanan besar terhadap pertahanan Barcelona di babak pertamata tapi tidak banyak peluang yang bisa dihasilkan. Di menit ke-20, Altetico hampir membuka skor andai sundulan Diego Godin tidak melebar.

Tidak lama berselang, Atletico kembali nyaris bikin gol, kerjasama Falcao dengan Adrian Lopez di akhiri tendangaan tendangan yang masih melenceng dari gawang.

Enam menit setelah restart, pertandingan semakin memanas. Pemain pengganti Marc Barthra kehilangan bola di posisi yang berbahaya, bola dikuasai Gabi untuk diteruskan dengan umpan yang disambar Falcao. Atletico 1-0 Barcelona.

Setelahnya, beberapa serangan bagus dilakukan tapi kebuntuan Barca baru terpecah di menit ke-72. Sanchez bekerja sama dengan Cesc Fabregas, Thibaut Courtois pun dipaksa mengambil bola dari gawangnya sendiri.

Barcelona hanya bermain dengan 10 orang setelah Lionel Messi memutuskan tidak bermain akibat mengalami cedera sementara jatah pergantian pemain sudah habis.

Meski begitu, Barca justru berhasil menciptakan gol tambahan. Umpan silang mendatar Cristian Tello menemui Villa untuk diteruskan dengan sepakan namun mengenai kaki dari Gabi sebelum masuk gawang Atletico. Barca berbalik unggul 2-1 di menit ke-80.

Susunan Pemain
ATLETICO MADRID: Courtois, Insua, Miranda, Godin, Tiago, Koke, Turan (Rodriguez 67), Gabi, Juanfran, Falcao (Diego Costa 69), Adrian

BARCELONA: Pinto, Pique, Adriano (Villa 62), Alba, Alves (Barthra 42), Fabregas, Iniesta, Messi, Song (Busquets 61), Tello, Sanchez.

Berita Terkait: