Ajax Amsterdam Juara Liga Belanda 2012/2013

Senin, 06 Mei 2013

Ajax Amsterdam memastikan diri menjadi juara Eredivisie musim ini setelah menang 5-0 atas Willem II Tiilburg. Bagi Ajax, gelar musim ini merupakan gelar juara ke-32.

Ajax memang tinggal butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan gelar tersebut. Dengan sisa satu pertandingan menuju akhir musim dan jarak empat poin dengan penghuni posisi dua, PSV Eindhoven, posisi Ajax sudah tidak mungkin untuk dilewati.

Siem De Jong dkk. kini mengoleksi 73 poin, sementara PSV 69 poin.

Pesta Ajax di Amsterdam Arena, Minggu (5/5/2013), diawali oleh gol sundulan Kolbeinn Sigthorsson, yang menerima umpan silang dari Ryan Babel, dan Christian Eriksen di babak pertama. Skor 2-0 tersebut kemudian melebar di babak kedua.

Viktor Fischer, Siem De Jong, dan pemain pengganti Danny Hoesen menambah tiga gol lagi ke gawang David Meul di babak kedua. Ajax pun berpesta.

Bagi Ajax, ini adalah gelar ke-32 dan ketiga dalam tiga musim berurutan. Terakhir kali mereka mendapatkan tiga gelar beruntun seperti ini adalah pada tahun 1994 hingga 1996, ketika ditangani oleh Louis van Gaal.

Pada kurun waktu itu jugalah Ajax terakhir kali sukses menjadi juara Liga Champions 1995 dan menjadi runner-up pada musim berikutnya.

Selain menyamai catatan milik Van Gaal, Frank de Boer juga menyamai capaian yang pernah dicapai Guus Hiddink bersama PSV.

Seperti dilansir InfoStrada, De Boer menjadi pelatih setelah Hiddink yang berhasil meraih gelar juara tiga kali berurutan dalam tiga musim pertamanya sebagai pelatih.

De Boer juga menjadi pelatih setelah Ronald Koeman yang setidaknya sukses meraih tiga gelar juara sebagai pemain dan pelatih di Belanda.

Berita Terkait: