Wigan Athletic 0-1 Arsenal (22/12/2012)

Senin, 24 Desember 2012

Arsenal meraih poin penuh kala berhadapan dengan tuan rumah Wigan Athletic. The Gunners menang 1-0 dan gol kemenangan mereka tercipta melalui tendangan penalti Mikel Arteta.

Pada pertandingan yang berlangsung di DW Stadium, Sabtu (22/12/2012) malam WIB, Wigan tampil sedikit lebih dominan ketimbang Arsenal di babak pertama. Mereka unggul dalam hal penguasaan bola. Kendati demikian, Arsenal lebih banyak melepaskan tembakan; 6:2.

Arsenal mendapatkan peluang pada menit kesembilan setelah umpan Mikel Arteta diterima oleh Alex Oxlade-Chamberlain. Chamberlain kemudian melepaskan tendangan, namun masih bisa dihalau. Arsenal kemudian mendapatkan sepak pojok. Tendangan penjuru itu tidak menghasilkan apa-apa bagi Arsenal.

Tak beberapa lama setelahnya, tendangan Lukas Podolski melambung. Sementara, umpan dari Kieran Gibbs diterima oleh Theo Walcott. Namun, tendangan Walcott bisa diblok.

Wigan mendapatkan peluang pada menit ke-23. Arouna Kone mendapatkan umpan dan berlari mengejar bola. Kone kemudian berhasil mengalahkan Per Mertesacker dalam adu lari dan melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti. Sial bagi Kone, tendangannya masih melebar.

Santi Cazorla mencoba memberikan kans untuk Arsenal pada menit ke-34. Dia memberikan bola kepada Walcott dan nama yang disebut terakhir itu melepaskan tendangan. Namun, tendangannya masih bisa diblok.

Franco Di Santo kemudian mendapatkan peluang untuk Wigan pada menit 41. Namun, tendangan penyerang asal Argentina itu sedikit di luar kotak penalti masih melambung.

Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-59, Arsenal akhirnya unggul.

Keunggulan itu berawal dari kerjasama antara Cazorla dan Walcott. Cazorla memberikan bola kepada Walcott yang masuk ke dalam kotak penalti dan akhirnya dilanggar oleh Jean Beausejour. Arsenal mendapatkan penalti. Arteta yang menjadi eksekutornya tak membuang percuma kesempatan itu dan sukses menceploskan bola ke dalam gawang.

Teringgal satu gol, Wigan langsung meningkatkan kecepatan. Beausejour melepaskan tendangan setelah menerima operan dari James McArthur. Namun, tendangannya masih melambung.

Sebaliknya, Arsenal kembali mendapatkan peluang di menit ke-76 lewat tendangan bebas Walcott. Tapi, tendangan gelandang internasional Inggris tersebut masih melambung.

Wigan menekan di menit-menit akhir laga. Sebuah tendangan di dalam kotak penalti Arsenal diklaim mengenai tangan Thomas Vermaelen. Namun, wasit mengatakan tidak ada pelanggaran sama sekali. Di menit-menit terakhir injury time, McArthur melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti, tetapi tendangannya melebar.

Wigan akhirnya kehabisan waktu. Peluit panjang dibunyikan dan Arsenal keluar sebagai pemenang.

Kemenangan ketiga dalam tiga laga terakhir di Premier League ini membuat posisi Arsenal naik ke urutan tiga klasemen. Tim besutan Arsene Wenger ini mengoleksi 30 poin dari 18 kali berlaga. Sementara Wigan tetap berada di urutan 18 dengan koleksi nilai 15.

Susunan Pemain
Wigan Athetic: Al Habsi; McCarthy, Boyce, Figueroa; Jones, McArthur, Beausejour, Stam; Kone, Di Santo (McManaman 77), Maloney (Gomez 88).

Arsenal: Szczesny, Sagna, Mertesacker, Vermaelen, Gibbs; Arteta, Wilshere; Oxlade-Chamberlain (Ramsey 75), Podolski (Coquelin 79), Cazorla; Walcott.

Berita Terkait: