Sunderland 1-3 Chelsea (8/12/2012)

Minggu, 09 Desember 2012

Chelsea akhirnya meraih kemenangan pertamanya di Premier League di era Rafa Benitez. The Blues mengalahkan tuan rumah Sunderland 3-1, di mana dua gol mereka disumbangkan oleh Fernando Torres.

Berkunjung ke Stadium of Light, Sabtu (8/12/2012) malam WIB, Chelsea langsung memimpin berkat gol Torres di menit-menit awal. Penalti Torres di penghujung paruh pertama membuat tim tamu memimpin 2-0 saat turun minum.

Di babak kedua, kedua tim masing-masing mencetak satu gol. Gol Chelsea dicetak oleh Juan Mata, sedangkan gol Sunderland tercipta atas nama Adam Johnson.

Tambahan tiga angka tak mengubah posisi Chelsea di urutan ketiga klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan 29 poin dari 16 laga, terpaut tujuh poin dari Manchester United yang ada di puncak. Sunderland tetap terpuruk di peringkat ke-18 dengan 13 poin.

Torres mendapatkan peluang emas pada menit keenam. John O'Shea bermaksud menghalau umpan silang dari Branislav Ivanovic, tapi bola malah mengenai rekannya dan berbalik ke arah Torres. Namun, Torres yang tinggal menghadapi Simon Mignolet gagal bikin gol karena tendangannya diblok si kiper.

Torres akhirnya benar-benar bikin gol lima menit kemudian. Dia dengan sempurna mencocor umpan Eden Hazard dari sisi kiri.

Di menit ke-16, tim tamu kembali menebar ancaman melalui tendangan bebas David Luiz. Tapi, arah bola masih melambung.

Tim tuan rumah berpeluang menyamakan skor pada menit ke-28. Sial buat mereka, tendangan keras Stephane Sessegnon bisa ditepis Petr Cech.

Memasuki menit ke-38, giliran Oscar yang berkesempatan menambah gol Chelsea. Tapi, tembakan volinya tak mengarah ke gawang.

Di masa injury time babak pertama, Chelsea mendapatkan hadiah penalti setelah Ramires dijatuhkan Sebastian Larsson. Torres maju sebagai eksekutor dan menjalankan tugasnya dengan sempurna. Sunderland 0, Chelsea 2.

Tiga menit setelah babak kedua dimulai, tim tamu mencetak gol ketiganya. Berawal dari tendangan Torres yang mengenai mistar, Mata menyambar bola rebound dan bergetarlah gawang Sunderland.

Chelsea nyaris saja unggul lebih banyak di menit ke-52. Memanfaatkan umpan Mata, Victor Moses melepaskan tembakan ke tiang jauh, tapi arahnya masih melebar.

Sunderland memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 di menit ke-66. Johnson melepaskan tendangan melengkung dengan kaki kirinya yang membuat Cech terpana melihat gawangnya jebol.

Cech membuat penyelamatan gemilang sepuluh menit kemudian. Dia terbang untuk menepis tendangan bebas Johnson yang mengarah ke pojok gawangnya.

Frank Lampard punya kans untuk mencetak gol di menit ke-84. Namun, tendangannya masih bisa dibendung Mignolet.

Di masa injury time, Connor Wickham mengancam gawang Chelsea lewat tendangan diagonalnya. Tapi, Cech masih bisa mengantisipasi arah bola. Sementara itu, tendangan bebas Craig Gardner cuma menghantam mistar gawang.

Susunan Pemain
Sunderland: Mignolet, Bardsley, Rose, O'Shea, Cuellar, Larsson (Saha 82'), Gardner (Colback 69'), Johnson, McClean, Sessegnon, Wickham

Chelsea: Cech, Ivanovic, Cahill, Luiz, Cole, Romeu (Oscar 20'), Ramires, Hazard (Lampard 79'), Mata, Moses (Bertrand 62'), Torres

Berita Terkait: