Sunderland 1-0 Manchester City (26/12/2012)

Kamis, 27 Desember 2012

Manchester City meraih hasil mengecewakan dari lawatannya ke markas Sunderland. The Citizens kalah tipis 0-1 lewat satu-satunya gol yang dicetak Adam Johnson.

Dalam pertandingan di Stadium of Light, Rabu (26/12/2012) malam WIB, City lebih dominan sepanjang laga. Statistik Soccernet mencatat penguasaan bola Sergio Aguero dkk. mencapai 67%. Mereka juga lebih agresif dengan melepaskan 23 tambakan yang tujuh di antaranya mengarah ke gawang.

Namun hingga turun minum, tak ada gol yang tercipta di laga ini. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Sunderland memecah kebuntuan. Sepakan Adam Johnson dari luar kotak penalti di menit ke-53 memberi tuan rumah keunggulan 1-0.

Hingga laga berakhir, tak ada gol lagi yang tercipta. Sunderland tetap mampu mempertahankan keunggulannya dan City kalah 0-1.

Dengan kekalahan ini, City makin tertinggal jauh dari Manchester United yang di saat yang bersamaan memetik kemenangan atas Newcastle United. Pasukan Roberto Mancini itu tetap di peringkat dua dengan 39 poin, tertinggal tujuh angka dari MU.

Sementara itu, kemenangan ini mengangkat posisi Sunderland ke posisi 13. Tambahan tiga angka membuat mereka kini mengumpulkan 22 poin.

City punya peluang lebih dulu di menit kedelapan. Sundulan Vincent Kompany menyambut sepak pojok masih dimentahkan tiang gawang. Bola muntah kemudian disambar oleh Yaya Toure, namun masih bisa dihalau Simon Mignolet.

Semenit kemudian, City mendapat tendangan bebas setelah James Milner dilanggar. Tapi eksekusi David Silva masih melambung di atas mistar gawang Sunderland.

City terus menekan pertahanan Sunderland. Sebuah serangan di menit ke-13 diakhiri dengan tembakan Toure dari luar kotak penalti namun bola bisa diamankan dengan baik oleh Mignolet.

Di menit ke-20, Sunderland mendapat tendangan bebas usai Craig Gardner dilanggar. Namun tembakan Gardner masih jauh dari sasaran.

City kembali mengancam gawang Sunderland. Sergio Aguero melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti Sunderland dari sisi kiri sebelum melepaskan umpan ke Silva. Gelandang internasional Spanyol itu lalu melepaskan tembakan ke arah gawang tapi Mignolet lagi-lagi menyelamatkan gawangnya.

Sunderland balik mengancam di menit ke-25. Tembakan Steven Fletcher dari luar kotak penalti memaksa Joe Hart menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Serangan Sunderland di menit ke-36 tak membuahkan hasil. Kompany lebih dulu memotong umpan James McClean dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Sunderland.

Jelang berakhirnya babak pertama, Sunderland mendapat tendangan bebas. Tapi tembakan Sebastian Larsson masih membentur pagar betis City dan bola muntah juga tak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Larsson.

Di babak kedua, Sunderland unggul lebih dulu saat laga berjalan delapan menit. Tembakan Adam Johnson dari luar kotak penalti menghujam pojok kiri gawang City dan tak mampu dihalau oleh Joe Hart.

Unggul satu gol, Sunderland makin meningkatkan serangan. Dua peluang didapat Sessegnon masing-masing di menit ke-55 dan 59. Peluang pertama masih melenceng dari sasaran, sementara peluang kedua bisa diamankan oleh Hart.

Serangan City di menit ke-66 mentah oleh rapatnya barisan pertahanan Sunderland. Dua tembakan dari dalam kotak penalti berturut-turut dari Aguero dan Milner masih bisa diblok pemain belakang tuan rumah.

Di menit ke-80, Sunderland mendapat peluang bagus lewat Sessegnon. Tapi upayanya meneruskan umpan terobosan Fraizer Campbell berhasil diblok Hart.

Delapan menit kemudian, Sunderland kembali punya peluang untuk menggandakan keunggulan. Sial bagi tuan rumah, tembakan McClean masih jauh dari sasaran.

Di sisa waktu pertandingan, City terus menekan. Tapi peluang mereka di masa injury time lewat Milner masih melambung dari gawang Sunderland.

Hingga peluit panjang berbunyi, tak ada gol lagi yang tercipta. City takluk 0-1 dari Sunderland.

Susunan Pemain:
Sunderland: Mignolet, Gardner, Rose (Bardsley 89'), Kilgallon, Cuellar, Larsson, Colback, Johnson, McClean, Sessegnon, Fletcher

City: Hart, Kompany, Zabaleta, K Toure, Nastasic, Y Toure (Barry 87'), Garcia (Lescott 90'), Silva, Milner, Aguero, Tevez (Dzeko 73')

Berita Terkait: