Shakhtar Donetsk 0-1 Juventus (6/11/2012)

Kamis, 06 Desember 2012

Juventus akhirnya berhasil meraih satu tiket babak 16 besar Liga Champions. Kemenangan 1-0 atas tuan rumah Shakhtar Donetsk bukan cuma meloloskan Bianconeri, tapi juga menjadikan mereka juara grup.

Berkunjung ke Donbass Arena, Kamis (6/11/2012) dinihari WIB, Juve menciptakan cukup banyak peluang pada babak pertama. Tapi, tak satu pun peluang mereka yang berbuah gol.

Barulah pada babak kedua kebuntuan terpecahkan. Sebuah gol bunuh diri Olexandr Kucher memberi tim tamu kemenangan.

Dengan hasil ini, Juve mengakhiri fase grup sebagai juara Grup E dengan koleksi 12 poin dari enam laga. Shakhtar yang memiliki 10 poin tampil sebagai runner-up. Meski jumlah poin Shakhtar sama dengan Chelsea, mereka yang berhak lolos karena unggul head-to-head.

Juventus mendapatkan peluang pada menit kesepuluh setelah umpan lambung Sebastian Giovinco disambut Mirko Vucinic dengan tembakan voli dari dalam kotak penalti. Tapi, bola melambung tinggi.

Juve mengajukan klaim penalti pada menit ke-21 karena menganggap salah satu pemain Shakhtar melakukan handball. Tapi, wasit tak mengabulkannya.

Tim tamu bisa unggul pada menit ke-29 kalau Giovinco tak membuang peluang bagus yang didapatnya. Saat menerima umpan matang dari Vucinic, Giovinco sebenarnya punya ruang tembak terbuka di depan kotak penalti. Tapi, penyelesaiannya melenceng.

Usaha Andrea Pirlo pada menit ke-37 juga belum mengubah kedudukan. Tendangan jarak jauhnya tak mengarah ke gawang.

Peluang terakhir di babak pertama jadi milik Juve. Namun, tendangan Giovinco dari luar kotak penalti bisa diantisipasi kiper Andriy Pyatov, sementara sontekan jarak dekat Paul Pogba melambung.

Pada awal babak kedua, Shakhtar mengancam lewat tendangan jarak jauh Yaroslav Rakitskiy. Tapi, bola sepakannya bisa ditangkap dengan mudah oleh Gianluigi Buffon.

Memasuki menit ke-49, gawang Juve kembali terancam. Tendangan bebas Rakitskiy bisa dimentahkan oleh Buffon, sementara Alex Teixeira yang mencoba memanfaatkan bola rebound tembakannya melenceng tipis.

Pirlo berpeluang membawa Juve unggul beberapa saat kemudian. Namun, tendangannya dari depan kotak penalti masih mengarah ke samping gawang.

Serangan balik tim tuan rumah hampir saja membuahkan gol pada menit ke-54. Sial buat mereka, penyelesaian Henrikh Mkhitaryan masih melebar.

Dua menit kemudian, Juve akhirnya bisa membuka skor. Berawal dari umpan silang Stephan Lichtsteiner dari sisi kanan, Giovinco dan Kucher beradu cepat mengejar bola. Dalam perebutan tersebut, Kucher malah mendorong si kulit bundar ke dalam gawangnya sendiri. Shakhtar 0, Juve 1.

Vucinic tak mampu memaksimalkan peluang yang didapatnya. Dalam sebuah serangan balik, dia tinggal berhadapan dengan Pyatov, tapi ruang tembaknya ditutup dan dia akhirnya kehilangan momentum.

Tim tamu punya kesempatan untuk menggandakan keunggulan pada menit ke-70. Tapi, sundulan Vucinic meneruskan umpan silang Lichtsteiner melayang di atas mistar.

Di sisa waktu, tak ada gol tambahan yang tercipta. Juve menang 1-0.

Susunan Pemain
Shakhtar Donetsk: Pyatov; Srna, Kucher, Rakitskiy, Rat; Fernandinho, Stepanenko; Alex Teixeira (Ilsinho 65'), Mkhitaryan, Willian; Eduardo (Devic 46')

Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Vidal, Pirlo, Pogba, Asamoah; Vucinic (Matri 88'), Giovinco (Giaccherini 90+2')

Berita Terkait: