Palermo 0-1 Juventus (9/12/2012)

Senin, 10 Desember 2012

Juventus sukses mengokohkan posisinya di puncak klasemen sementara Seri A. Mengunjungi kandang Palermo, La Vecchia Signora menang tipis 1-0 berkat gol semata wayang Stephan Lichtsteiner.

Bermain di Renzo Barbera, Minggu (9/12/2012) malam WIB, Juve tampil relatif dominan. Meski punya banyak peluang di babak pertama, mereka tak bisa mencetak gol. Skor 0-0 saat turun minum.

Gol Juve baru tercipta pada awal babak kedua. Lichtsteiner jadi pahlawan Bianconeri lewat golnya.

Dengan hasil ini, Juve mantap di puncak klasemen sementara dengan raihan 38 poin dari 16 pertandingan, unggul lima poin atas Napoli yang ada di urutan kedua. Palermo ada di posisi ke-17 dengan 14 poin.

Tim tuan rumah memperoleh kesempatan bagus pada menit ke-11 melalui tendangan Jasmin Kurtic dari luar kotak penalti. Namun, kiper Gianluigi Buffon dengan mudah membendung laju bola.

Juve berpeluang unggul pada menit ke-30. Tapi, sepakan Claudio Marchisio belum mengarah ke sasaran.

Juve nyaris unggul enam menit kemudian. Tendangan Marchisio dari dalam kotak penalti bisa diblok kiper Samir Ujkani, bola liar coba dicocor Mirko Vucinic tapi masih mengenai tiang gawang.

Memasuki menit ke-40, Giorgio Chiellini yang ikut membantu serangan juga mendapatkan peluang. Tapi, tendangan mendatarnya dari luar kotak penalti melenceng.

Berselang empat menit, Alessandro Matri menyia-nyiakan peluang yang dia dapatkan. Mendapatkan umpan matang dari Arturo Vidal, sontekannya dari jarak dekat bisa dihalau Ujkani.

Di awal babak kedua, Vucinic kembali dijauhi keberuntungan. Tembakannya ke tiang jauh lagi-lagi digagalkan tiang gawang.

Juve akhirnya bisa memecahkan kebuntuan saat laga berusia 50 menit. Vucinic menunjukkan kontrol bola yang sangat baik dengan dadanya, dia kemudian memberi umpan backheel kepada Lichtsteiner. Tinggal berhadapan dengan Ujkani, Lichtsteiner tanpa kesulitan menyarangkan bola ke gawang.

Andrea Pirlo berpeluang menambah keunggulan Juve di menit ke-62. Tapi, tembakannya dari depan kotak penalti bisa ditangkap Ujkani.

Palermo mencoba menyamakan kedudukan pada menit ke-71. Percobaan Paulo Dybala dari luar kotak penalti tak terlalu membahayakan gawang Juve karena arahnya masih melebar.

Baru beberapat detik masuk lapangan, Nicklas Bendtner nyaris menggandakan keunggulan tim tamu. Sial buat dia, tendangannya masih melebar.

Palermo kehilangan satu pemainnya saat laga memasuki menit ke-75. Michel Morganella harus meninggalkan lapangan karena menerima kartu kuning kedua akibat melanggar Kwadwo Asamoah.

Bendtner sempat menjebol gawang Palermo empat menit kemudian. Tapi, gol ini tak disahkan oleh wasit karena si pemain lebih dulu terjebak offside.

Di menit-menit akhir, Vucinic juga gagal memanfaatkan peluang. Tendangannya meneruskan umpan Marchisio bisa diantisipasi Ujkani.

Susunan Pemain
Palermo: Ujkani; Munoz, Donati (Dybala 70'), Von Bergen; Pisano (Brienza 46'), Morganella, Barreto, Kurtic (Viola 74'), Garcia; Ilicic; Miccoli

Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner (Padoin 64'), Vidal (Pogba 54'), Pirlo, Marchisio, Asamoah; Matri (Bendtner 73'), Vucinic

Berita Terkait: