Newcastle United 1-3 Manchester City (15/12/2012)

Minggu, 16 Desember 2012

Manchester City sukses memetik poin penuh dalam lawatan mereka ke kandang Newcastle United. Mereka menang 3-1. Tiga gol dari Sergio Aguero, Javi Garcia, dan Yaya Toure membuat mereka menjaga persaingan dengan Manchester United.

Bertanding di St James' Park, Sabtu (15/12/2012) malam WIB, Newcastle memulai laga dengan baik. Mereka bahkan mendapatkan peluang lebih dulu ketika pertandingan baru berjalan dua menit. Peluang tersebut berasal dari penyerang mereka, Papiss Cisse.

Sebuah umpan silang dari sisi kanan, yang dilepaskan oleh Vurnon Anita, disambut oleh Cisse dengan sebuah tendangan kaki kanan. Namun, tendangan tersebut masih bisa ditepis oleh Joe Hart.

City mendapatkan peluang pada menit kedelapan. Umpan terobosan dari tengah diterima oleh Carlos Tevez, namun tendangan Tevez masih bisa diblok oleh Tim Krul. Di pinggir lapangan, hakim garis mengangkat bendera. Tevez ternyata sudah berada dalam posisi offside.

Dua menit berselang, City akhirnya unggul. Umpan jauh dari Yaya Toure diterima oleh Samir Nasri di sisi kanan. Ia kemudian berhadapan dengan Krul dan memilih untuk memberikan bola ke samping kirinya. Bola tersebut kemudian disambar oleh Aguero dan gol!

Tak lama berselang, Nasri mendapatkan peluang bagus di dalam kotak penalti. Sial baginya, tendangannya membentur tiang gawang. Bola selanjutnya dibuang jauh oleh bek Newcastle.

Pada menit ke-25, Hart berjibaku menyelamatkan gawangnya. Pertama, dia membuang bola yang nyaris disambar oleh Demba Ba. Bola muntah kemudian disundul Fabricio Coloccini kepada Michael Williamson. Nama terakhir ini kemudian melepaskan tembakan, namun Hart masih bisa menepisnya.

Pada menit ke-39, David Silva mengirimkan umpan terobosan kepada Tevez yang berada di sisi kanannya. Tevez kemudian melepaskan sebuah tembakan, namun tembakannya masih mengenai kaki Krul. City mendapatkan sepak pojok.

Dari sepak pojok tersebut, City mendapatkan gol kedua mereka. Sepak pojok Silva disambut dengan sundulan oleh Javi Garcia. Sundulannya mengarah ke tiang jauh, tempat Davide Santon berada. Namun, Santon gagal menghalau bola sundulan tersebut.

Di awal-awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-50, Newcastle akhirnya memperkecil ketertinggalan. Berawal dari sebuah sepak pojok, bola berhasil dihalau oleh barisan pertahanan City. Coloccini kemudian mengambil bola tersebut dan melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Umpan tersebut kemudian disundul oleh Demba Ba dan gol untuk tuan rumah pun tercipta.

Tertinggal hanya satu gol, Newcastle mulai berani menekan pertahanan City. Mereka menciptakan sejumlah kans, namun selalu berujung kegagalan.

Pada menit ke-78, justru City yang akhirnya menambah gol lagi. Tusukan Pablo Zabaleta dari sisi kiri diakhiri dengan sebuah umpan ke depan gawang Newcastle. Di sana Yaya Toure menyambutnya dengan sebuah tendangan. Newcastle 1, City 3.

Skor tersebut pun bertahan sampai laga usai. City meraup tiga poin untuk menjaga persaingan mereka dengan Manchester United, yang masih berada di puncak klasemen.

City kini berada di posisi dua dan mengoleksi 36 poin dari 17 kali bertanding. Mereka tertinggal tiga angka di belakang MU yang baru akan berlaga beberapa saat lagi. Sementara Newcastle berada di posisi 14 dengan koleksi nilai 17.

Susunan Pemain
Newcastle United: Krul, Coloccini, Perch, Williamson, Simpson (Ferguson 83), Santon, Gutierrez, Tiote (Marveaux 74), Anita, Ba, Cisse (Ameobi 79)

Manchester City: Hart, Zabaleta, Clichy, Nastasic, K. Toure, Nasri (Kolarov 37, Dzeko 71), Y. Toure, Javi Garcia, Silva, Tevez (Lescott 79), Aguero

Berita Terkait: