Mohamed Bin Hammam Mundur Dari Dunia Sepakbola

Selasa, 18 Desember 2012

Mohamed Bin Hammam memutuskan mundur dari semua posisi dalam dunia sepakbola menyusul larangan seumur hidup yang dijatuhkan oleh FIFA.

Federasi sepakbola dunia mengonfirmasi bahwa pria Qatar 63 tahun mundur dari semua posisi serta menerima hukuman seumur hidup oleh dewan komite etik FIFA, akibat "konflik kepentingan" saat dirinya masih menjabat sebagai presiden AFC. Demikian dilaporkan ESPN.

Ini merupakan kali kedua FIFA menjatuhkan sanksi seumur hidup kepada Hammam setelah dituding melakukan penyuapan terhadap anggota Serikat Sepakbola Karibia, dalam pencalonan dirinya sebagai presiden FIFA, tahun lalu. Namun, tuduhan itu dibatalkan oleh CAS, Juli lalu, dengan alasan tidak cukup bukti.

"Tuan Mohamed Bin Hammam, salah satu anggota Executive Committe (Exco) FIFA dan Presiden AFC, mundur dari semua posisinya di dunia sepakbola dan tidak akan pernah lagi aktif dalam sepakbola resmi. Ini merupakan efek dari surat pengunduran diri Tuan Bin Hammam kepada FIFA dan AFC yang bertanggal 15 Desember 2012," demikian pernyataan resmi FIFA.

"Komite etik FIFA, di bawah kode etik baru FIFA, menetapkan bahwa meskipun seorang anggota mengundurkan diri, maka pihak dewan memutuskan untuk melarang Bin Hammam terlibat dalam segala aktivitas yang berhubungan dengan sepakbola seumur hidup."

Berita Terkait: