Manchester United 2-0 West Bromwich Albion (29/12/2012)

Minggu, 30 Desember 2012

Manchester United menutup tahun 2012 dengan kemenangan. Menjamu West Bromwich Albion, 'Setan Merah' menang dengan skor 2-0. Robin van Persie mencetak satu gol dalam laga ini.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Old Trafford, Sabtu (29/12/2012) malam WIB, United tampil dengan mengandalkan Danny Welbeck di lini depan, sementara Robin van Persie dicadangkan. Shinji Kagawa kembali masuk tim setelah lama absen akibat cedera.

Di tim tamu, Shane Long dan Peter Odemwingie masih diandalkan di lini depan. Sebagai catatan, West Brom belum pernah menang dalam 13 kali lawatan mereka ke Old Trafford.

United langsung menyerang dan akhirnya unggul ketika pertandingan memasuki menit kesembilan. Gol itu diawali oleh tusukan Ashley Young di sisi kiri. Ia kemudian melakukan operan satu-dua dengan Kagawa, lalu melepaskan umpan tarik. Umpan yang dimaksudkan untuk Welbeck itu justru mengenai kaki McAuley dan berbelok masuk ke gawang West Brom. 1-0 untuk United.

The Red Devils kemudian mendapatkan beberapa peluang. Mereka juga sempat mendominasi penguasaan bola sampai 70%. Tetapi, beberapa peluang yang diciptakan tim tuan rumah berujung jadi kegagalan.

Michael Carrick sempat mendapatkan peluang di menit ke-25. Namun, tendangannya dari dalam kotak penalti masih bisa diblok oleh barisan pertahanan West Brom. Lima menit berselang, giliran tendangan Welbeck yang diblok.

Young kemudian mendapatkan peluang pada menit ke-30. Ia menerima umpan silang dari sisi kanan dan melepaskan tendangan kaki kanan. Sial bagi Young, tendangannya masih bisa ditepis oleh Ben Foster.

West Brom bukannya tidak punya peluang. Pada menit ke-40, Odemwingie menusuk sendirian sebelum akhirnya melepaskan tendangan dari sisi kiri. Hasilnya? Tendangannya masih menyamping.

Di penghujung babak pertama, West Brom mendapatkan satu kesempatan lagi. Kali ini melalui tendangan bebas. Namun, tendangan bebas Chris Brunt masih membentur pagar betis.

United terus menekan di babak kedua. Hanya saja serangan mereka tak kunjung bisa menembus gawang Foster lagi. Ketika Sir Alex Ferguson memutuskan untuk menambah satu penyerang lagi, dia memasukkan Robin van Persie dan menarik keluar Kagawa, orang yang membuat serangan mereka mengalir.

Tanpa Kagawa, lini tengah United mandek. West Brom berbalik menguasai jalannya laga dan memenangi penguasaan bola. Beberapa peluang pun berhasil diciptakan oleh tim tamu.

Graham Dorrans dan Gabriel Tamas melepaskan dua tembakan dan berujung pada blok pertahanan United. Satu sundulan West Brom juga mengenai mistar gawang United dan belakangan Odemiwingie ikut membuat peluang.

Odemwingie punya dua buah tendangan. Salah satunya dia lepaskan ketika memiliki ruang terbuka. Sial bagi Odemwingie, tendangannya masih melebar.

Terus ditekan, United akhirnya malah unggul. Pencetak golnya adalah Van Persie. Setelah menerima operan dari Antonio Valencia, dia menusuk di area kiri pertahanan West Brom dan melepaskan tendangan kaki kiri. Kali ini Foster tak mampu menghalau bola masuk ke gawangnya.

United akhirnya menang 2-0 dan menutup tahun dengan raihan poin penuh. Mereka kokoh di puncak klasemen dengan koleksi poin 49. Sementara West Brom tetap berada di urutan enam dengan koleksi nilai 33.

Susunan Pemain
Manchester United: De Gea; Smalling, Vidic, Evans, Evra; Carrick, Cleverley (Scholes 83), Valencia, Kagawa (Van Persie 66), Young; Welbeck.

West Bromwich Albion: Foster; Jones, McAuley, Tamas, Ridgewell;Thorne, Brunt (Morrison 75), Rosenberg (Lukaku 67), Dorrans; Odemwingie, Long.

Berita Terkait: