Malaga 3-2 Real Madrid (23/12/2012)

Senin, 24 Desember 2012

Upaya Real Madrid untuk mempertahankan gelar La Liga kembali mendapatkan pukulan telak. Pada laga terakhirnya di tahun 2012, Los Merengues tumbang dengan skor 2-3 di kandang Malaga.

Berkunjung ke La Rosaleda, Minggu (23/12/2012) dinihari WIB, Madrid secara mengejutkan tidak memasang kapten Iker Casillas di bawah mistar. Posisi kiper diisi oleh Antonio Adan.

Semua gol pada laga ini tercipta di babak kedua. Isco mencetak gol pertama Malaga, sementara dua gol tuan rumah lainnya dicetak oleh Roque Santa Cruz.

Madrid membalas melalui gol bunuh diri Sergio Sanchez dan satu gol dari Karim Benzema.

Dengan kekalahan ini, Madrid terpaku di urutan ketiga klasemen sementara dengan 33 poin dari 17 pertandingan. Mereka tertinggal tujuh poin dari Atletico Madrid yang ada di posisi kedua dan 16 poin dari Barcelona yang duduk di puncak. Malaga ada di urutan keempat dengan 31 poin.

Madrid sudah mendapatkan peluang emas saat laga berusia tiga menit melalui tendangan bebas Cristiano Ronaldo. Meski tembakan Ronaldo sangat terarah, kiper Wilfredo Caballero masih bisa membendungnya.

Ronaldo kembali punya kans di menit ke-24. Memanfaatkan umpan Angel Di Maria, dia seharusnya bisa bikin gol, tapi sontekannya melambung.

Di menit-menit akhir babak pertama, peluang yang didapat Pepe juga belum menghasilkan gol untuk Madrid. Sundulannya mengarah tepat ke Caballero.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan pada menit ke-49 saat Malaga mencetak gol pertama. Umpan matang Joaquin dituntaskan oleh Isco lewat tembakan rendah yang tak bisa diantisipasi oleh Adan.

Tim tuan rumah nyaris saja mencetak gol keduanya pada menit ke-55. Sial buat mereka, tendangan Javier Saviola masih melenceng tipis.

Tiga menit kemudian, giliran Madrid yang hampir menjebol gawang Malaga. namun, sepakan mendatar Benzema mengarah ke samping gawang.

Madrid akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-66. Umpan silang Xabi Alonso diterima Ronaldo, kemudian Ronaldo melambungkan bola ke mulut gawang. Sempat terjadi kemelut dan saat itulah Sanchez secara tak sengaja mendorong bola ke gawangnya sendiri.

Malaga langsung bereaksi setelah kebobolan. Joaquin melakukan penetrasi ke kotak penalti dan melepaskan tembakan, tapi arah bola masih melambung.

Mereka benar-benar kembali memimpin pada menit ke-72. Diawali umpan silang Jesus Gamez, Joaquin menyambutnya dengan tumit. Adan yang berusaha memotong laju bola gagal. Si kulit bundar akhirnya terus bergulir ke mulut gawang dan di sana ada Santa Cruz yang dengan mudah bikin gol.

Berselang empat menit, Santa Cruz menambah derita Madrid. Umpan manis Joaquin dituntaskan dengan sangat baik oleh penyerang Paraguay itu lewat tembakan mendatar ke tiang dekat. Malaga 3, Madrid 1.

Madrid memperkecil ketertinggalannya pada menit ke-82. Kesalahan lini belakang Malaga dimanfaatkan Mesut Oezil untuk mencuri bola. Oezil yang berlari di sisi kanan kemudian mengumpankan bola ke Benzema. Dengan dingin, Benzema menggetarkan gawang tim tuan rumah.

Di sisa waktu, tak ada gol tambahan. Madrid kalah 2-3.

Susunan Pemain
Malaga: Caballero, Gamez, Sanchez, Demichelis, Monreal, Camacho, Joaquin (Fernandez 83'), Isco, Portillo (Iturra 70'), Eliseu, Saviola (Santa Cruz 65')

Real Madrid: Adan, Arbeloa (Callejon 59'), Pepe, Ramos, Essien, Khedira, Alonso (Modric 77'), Di Maria (Kaka 64'), Oezil, Ronaldo, Benzema

Berita Terkait: