Johan Cruyff: Pep Guardiola Terlalu Muda Untuk Pensiun

Selasa, 25 Desember 2012

Legenda Barcelona Johan Cruyff berharap Pep Guardiola segera kembali ke dunia kepelatihan. Menurut Cruyff, Guardiola masih terlalu muda untuk pensiun.

Setelah empat musim yang sangat sukses di Barca, Guardiola memutuskan untuk beristirahat dari dunia sepakbola, setidaknya selama setahun. Dia kini tinggal di Amerika Serikat dan banyak menghabiskan waktu bersama keluarganya.

Selama menjalani masa istirahat, Guardiola dikabarkan didekati beberapa tim. Tapi, dia baru akan membuat keputusan soal masa depannya pada awal tahun depan.

Di mata Cruyff, Guardiola sebaiknya memang segera bekerja lagi. Dengan usia yang baru 41 tahun, Guardiola disebutnya masih punya banyak opsi untuk dipilih.

"Dia terlalu muda untuk berhenti. Saya ingin melihatnya bekerja lagi, tapi pada sesuatu yang berbeda," tutur Cruyff kepada Le Buteur.

"Apa? Siapa yang tahu. Sebagai contoh, tim nasional, yang punya sisi positif dan negatifnya. Untuk memainkan permainan yang diinginkan oleh Pep, Anda perlu banyak latihan," tambahnya.

"Kalau Anda pergi ke klub, Anda harus menanamkan ide-ide dan sistem Anda, membiarkannya bekerja dalam kedamaian dan suatu tempat di mana fans menikmati gayanya," kata Cruyff.

"Kalau sebuah klub menginginkannya selama empat atau lima tahun maka Anda harus punya seorang presiden klub yang akan memberinya kekuasaan penuh untuk melakukan hal-hal sesuai dengan visinya," ujarnya.

Berita Terkait: