Inter Milan 2-1 Napoli (10/12/2012)

Senin, 10 Desember 2012

Inter Milan memetik kemenangan penting atas Napoli dalam lanjutan Seri A. Kemenangan dengan skor tipis 2-1 itu menaikkan posisi Nerazzurri ke urutan kedua di klasemen sementara.

Pada laga yang dilangsungkan di Stadion Giuseppe Meazza, Senin (10/12/2012) dinihari WIB, Napoli sebenarnya lebih dominan. Statistik Soccernet mencatat mereka unggul penguasaan bola hingga 63 persen, melepaskan 21 tembakan dan enam di antaranya tepat sasaran. Inter cuma membuat delapan percobaan mencetak gol dan dua mengarah ke gawang.

Tapi, dewi fortuna lebih memihak Inter. Meski lebih banyak bertahan, mereka bisa bikin dua gol di babak pertama lewat Fredy Guarin dan Diego Milito.

Di babak kedua, Napoli mencoba mengejar. Tapi, mereka cuma bisa membalas sekali melalui Edinson Cavani.

Dengan hasil ini, Inter naik ke urutan kedua klasemen sementara Seri A dengan koleksi 34 poin dari 16 pertandingan, terpaut empat poin dari Juventus yang ada di puncak. Napoli turun ke posisi ketiga dengan selisih satu poin dari Inter.

Inter langsung bikin gol pada peluang pertamanya. Tendangan sudut Antonio Cassano disambut Guarin dengan tembakan first time yang tak bisa dibendung Morgan De Sanctis.

Napoli nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-18. Tapi, tendangan Lorenzo Insigne dari depan kotak penalti masih melenceng tipis.

Peluang yang didapat Marek Hamsik dua menit kemudian juga tak mengubah keadaan. Tembakan kaki kirinya masih melebar.

Di menit ke-27 dan 28, giliran Cavani yang mengancam gawang Inter. Namun, sundulannya masih melebar, sedangkan tendangan gunting yang dilepaskannya juga tak mengarah ke sasaran.

Banyak ditekan, Inter malah bisa menggandakan keunggulan mereka di menit ke-39. Menerima operan dari Guarin, Milito yang dibayang-bayangi Alessandro Gamberini masih bisa melepaskan tendangan mendatar ke pojok gawang.

Insigne masih dijauhi keberuntungan saat usahanya di menit ke-44 tak menghasilkan gol. Tendangan volinya dari dalam kotak penalti melayang di atas mistar gawang Inter.

Enam menit setelah restart, Inter punya kesempatan mencetak gol ketiga. Namun, tendangan Cassano dari jarak dekat bisa dihalau De Sanctis.

Samir Handanovic membuat penyelamatan gemilang di menit ke-53. Sambil terbang dia menepis tendangan terukur Gokhan Inler.

Tapi, di menit berikutnya Napoli benar-benar menjebol gawang Inter. Memanfaatkan kemelut di depan gawang tim tuan rumah, Cavani mencetak gol dari jarak dekat.

Napoli dua kali mengajukan klaim penalti saat Christian Maggio terjatuh di kotak penalti dan saat Goran Pandev menilai Esteban Cambiasso melakukan handball. Tapi, wasit tak menggubrisnya.

Di menit ke-87, Napoli nyaris menyamakan skor. Tendangan bebas Insigne disambut Maggio dengan tandukan, tapi bola bisa diamankan Handanovic.

Rodrigo Palacio juga hampir mencetak gol untuk Inter beberapa saat setelahnya. Tapi, tendangan jarak dekatnya masih melebar.

Susunan Pemain
Inter: Handanovic; Ranocchia, Cambiasso, Juan Jesus; Nagatomo, Zanetti, Gargano, Guarin, Pereira; Cassano (Palacio 59'), Milito (Coutinho 75')

Napoli: De Sanctis; Gamberini (Pandev 46'), Cannavaro, Britos; Maggio, Behrami, Inler (Dzemaili 58'), Zuniga; Hamsik (Mesto 84'); Insigne, Cavani

Berita Terkait: