Fergie: Ada 'Cantona' dalam Diri Van Persie

Rabu, 19 Desember 2012

Manchester United pernah punya sosok bintang besar bernama Eric Cantona, yang kini diyakini ada pada sosok Robin van Persie, yang tengah merajut kisah serupa seperti Cantona.

Cantona datang ke Old Trafford dalam usia yang sudah tidak muda lagi. Saat itu Cantona dibeli dari Leeds United pada tahun 1992, -- yang merupakan salah satu rival The Red Devils-- ketika ia berumur 26 tahun.

Ia dibeli dengan status juara Liga Inggris -- Leeds jadi juara Liga Inggris dengan format lama musim sebelumnya -- dan ia adalah bintang di klub asal kota Industri. Di MU sinarnya kian cemerlang dan pemain Prancis itu mempersembahkan empat titel Premier League plus dua FA Cup dengan total 82 gol dari 185 penampilan.

Jalan karier Cantona pun kini tengah dibangun oleh Van Persie, pemain berposisi penyerang dan juga dibeli dari klub rival Arsenal. Di London Utara Van Persie adalah pemain pujaan dan mesin gol klub itu, sama seperti Cantona dulu.

Awal perjalanan Van Persie di kota Manchester pun terbilang bagus dengan sudah jadi pilihan utama di lini depan dan menyumbang 15 gol dari 21 penampilan.

"Dia mempunyai kemiripan profil yang sama dengan Eric dalam hal usia dan kedewasaan. Dia punya masa-masa indah di Arsenal dan dia tidak kesulitan beradaptasi dengan Premier League," ujar Ferguson kepada Eurosport.

"Dia datang dari satu klub besar ke klub besar lainnya dan dia adalah pesepakbola tenar. Profilnya ini membuat dirinya lebih nyaman," sambungnya.

Tak cuma soal jalan cerita karier, Van Persie dan Cantona dinilai Fergie juga punya kesamaan dalam soal kemampuan membawa rekan-rekan setimnya untuk bisa tampil hebat seperti dirinya.

"Saya pikir itu sudah terjadi. Sisi penyerangan kami jelas menjadi lebih baik dan jelas ia punya 15 gol sejauh ini."

"(Chicharito) Javier Hernandez sudah bikin sembilan gol, (Wayne) Rooney sudah bikin delapan dan Anda hanya perlu melihat pada jumlah gol yang sudah kami ciptakan, yakni 43 gol di mana itu adalah jumlah tertinggi untuk musim ini."

Berita Terkait: