Bayern Munich 4-1 BATE Borisov (6/12/2012)

Kamis, 06 Desember 2012

Bayern Munich memastikan diri sebagai juara Grup F setelah di laga babak grup terakhirnya menang besar dari BATE Borisov dengan skor 4-1. Valencia finis di urutan kedua usai mengalahkan Lille 1-0.

Kemenangan itu membuat Die Roten berhak atas posisi teratas dengan mengoleksi 13 poin sama dengan perolehan Valencia namun unggul head-to-head. BATE, yang finis ketiga lolos ke Liga Europa.

Di Allianz Arena, Kamis (6/12/2012) dinihari WIB, kedua tim sama-sama mengakhiri pertandingan dengan 10 orang. Bayern lebih dulu kehilangan Jerome Boateng sebelum pemain BATE Denis Polyakov diusir.

Mario Gomez membawa Bayern unggul 1-0 di menit 22 hingga babak I diakhiri. Di babak II, Die Roten mencetak tiga gol tambahan masing-masing dari Thomas Mueller, Xherdan Shaqiri dan David Alaba sementara gol hiburan BATE dibuat Yegor Filipenko.

Di partai lainnya, Valencia menang berkat gol semata wayang Jonas yang disarangkan ke gawang Lille dari titik putih di menit 35.

Peluang pertama dari Bayern. Di menit ke-tiga tembakan Bastian Schweinsteiger dengan mudah diamankan kiper Andrei Gurbunov setelah menerima operan Mario Gomez.

BATE membalas menyerang di menit 11. Pergerakan Aleksandr Hleb diakhiri dengan operan kepada Artem Kontsevoi. Manuel Neuer jatuh ke sisi kanan untuk menahan tembakan Kontsevoi.

Gol! Gomez membawa Bayern memimpin 1-0 dari BATE di menit 22. Pergerakan Xherdan Shaqiri di sisi lapangan di akhiri dengan crossing ke tengah kotak yang langsung disambar oleh Gomez.

Pelanggaran terhadap Shaqiri di menit 34 membuahkan tendangan bebas untuk Bayern dari posisi yang bagus. Toni Kroos maju sebagai eksekutor tapi tendangannya membentur pagar hidup BATE.

Bayern hampir memperbesar keunggulannya. Lima menit berselang, Kroos melakukan sepakan keras namun bisa ditepis Gurbunov.

Di sisa waktu babak pertama tidak ada gol tambahan yang tercipta skor 1-0 untuk keunggulan Bayern tetap bertahan.

Petaka buat Bayern. Di menit 51, tim tuan rumah kehilangan Jerome Boateng yang diganjar kartu merah usai melanggar Hleb.

Bermain dengan 10 orang tidak menyulitkan Bayern untuk mencetak gol tambahan. Tiga menit kemudian, tim tuan rumah memperbesar skor menjadi 2-0 melalui Thomas Mueller yang menerima operan Schweinsteiger.

Gol! Bayern kini unggul 3-0. Kali ini giliran Gomez yang menjadi kreator dengan melepaskan crossing untuk ditanduk Shaqiri dan gol.

Tak lama setelah kebobolan gol ketiga, BATE juga kehilangan seorang pemainnya, Dennis Polyakov setelah menerima kartu kuning kedua. Sekarang 10 melawan 10.

Gelombang serangan Bayern menciptakan gol keempat. Di menit 83, Alaba membawa timnya unggul 4-0 dari BATE dengan sepakan kaki kiri setelah menerima bola tendangan sudut Franck Ribery.

Gol! BATE memperkecil ketinggalannya dari Bayern menjadi 1-4 setelah Yegor Filipenko mencetak gol dari luar kotak penalti semenit sebelum waktu normal pertandingan.

Susunan Pemain
BAYERN MUNICH: Neuer, Van Buyten, Rafinha, Boateng, Contento, Shaqiri, Mueller (Dante 54), Schweinsteiger (Ribery 72), Kroos (Alaba 64), Tymoshchuk, Gomez

BATE BORISOV: Gorbunov, Radkov, Bordachev (Yurevich 84), Filipenko, Polyakov, Kontsevoi (Renan Bressan 58), Volodko, Hleb, Olekhnovich, Baga, Rodionov (Vasilyuk 66)

Berita Terkait: