Barcelona Klub Olahraga dengan Gaji Pemain Tertinggi

Sabtu, 22 Desember 2012

Disebut-sebut menjadi klub terbaik di dunia saat ini, Barcelona juga punya rekor sebagai tim olahraga dengan jumlah gaji pemain tertinggi di dunia. Rata-rata pemain The Catalans dibayar Rp 82,1 miliar setahun!

Demikian terungkap dari hasil penelitian yang dilakukan Majalah Sporting Intelligence, dan dikutip dari Marca. Dalam hal pengeluaran untuk gaji pemain, Barcelona mengalahkan klub-klub sepakbola lainnya di dunia dan juga mengalahkan klub-klub dari cabang olahraga yang berbeda.

Disebutkan kalau setiap pemain Barca rata-rata mendapat gaji 6,46 juta euro pertahun atau skitar Rp 82,1 miliar. Untuk pemain seperti Lionel Messi, Xavi Hernandez dan Anders Iniesta jumlahnya dipastikan lebih besar lagi. Sementara Real Madrid menjadi klub kedua dengan jumlah gaji pemain terbesar yakni dengan rata-rata mendapat bayaran 74,9 miliar setahun.

Di cabang sepakbola, dua raksasa Spanyol itu mengalahkan beberapa klub papan atas Eropa lainnya seperti Manchester City, Chelsea, AC Milan, Bayern Munich, Inter Milan dan Manchester United.

Meningkatnya jumlah pengeluaran Barcelona untuk menggaji pemain dapat pengaruh besar dari terus diperpanjangnya kontrak beberapa pilar seperti Xavi, Puyol, Iniesta dan tentu saja Lionel Messi.

Penelitian yang dilakukan Majalah Sporting Intelligence melibatkan 278 klub olahraga berbeda dari seluruh dunia. Termasuk yang diteliti adalah klub-klub dari empat kompetisi papan atas Eropa (Inggris, Prancis, Spanyol, Jerman), klub-klub Major League Soccer, klub-klub NBA, NFL, MLB serta liga sepakbola Kanada hingga klub softball di Jepang.

Berita Terkait: