AS Roma 4-2 Fiorentina (9/12/2012)

Minggu, 09 Desember 2012

Penyerang sekaligus kapten AS Roma, Francesco Totti, tampil cemerlang dalam laga kontra Fiorentina. Totti menyumbangkan dua gol yang mengantarkan Giallorossi menang dengan skor 4-2.

Saat Roma bermain di Stadion Olimpico, Minggu (9/12/2012) dinihari WIB, Totti bukan cuma mencetak dua gol. Dia juga memberi dua assist untuk dua gol Roma lainnya.

Pada laga ini, Roma unggul 3-1 di paruh pertama. Tiga gol Roma dicetak Panagiotis Tachtsidis dan Totti (dua gol). Fiorentina membalas lewat Facundo Roncaglia.

Di babak kedua, masing-masing tim mencetak satu gol. Fiorentina bikin gol duluan melalui Mounir El Hamdaoui, sementara Roma mencetaknya di menit-menit akhir lewat kaki Pablo Daniel Osvaldo.

Tambahan tiga angka mengangkat posisi Roma ke urutan keempat klasemen sementara Seri A dengan 29 poin dari 16 pertandingan, terpaut enam poin dari Juventus yang ada di puncak. Fiorentina ada satu strip di bawah Roma dengan 29 poin juga, tapi kalah selisih gol.

Roma membuka skor saat laga baru berusia tujuh menit. Berawal dari tendangan bebas Totti yang ditanduk Tachtsidis, bola memantul tanah dan kemudian melewati jangkauan kiper Emiliano Viviano. Leandro Castan yang ada di mulut gawang tinggal mendorong bola ke gawang kosong dengan kepalanya. Gol ini akhirnya tercatat atas nama Tachtsidis karena saat Castan menyundul bola, bola sudah melewati garis gawang.

Tim tamu bisa menyamakan skor di menit ke-14. Gonzalo Rodriguez lolos dari jebakan offside saat menerima tendangan bebas Borja Valero. Dia kemudian memberikan bola ke Roncaglia yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan, nama terakhir menaklukkan kiper Mauro Goicoechea.

Berselang lima menit, Roma kembali memimpin. Bekerja sama dengan Mattia Destro, Totti mengakhiri aksinya dengan tembakan dari dalam kotak penalti.

Percobaan Totti pada menit ke-30 tak mengubah keadaan. Tendangannya dari pojok kotak penalti melambung tinggi.

Miralem Pjanic menjajal peruntungannya tiga menit kemudian lewat tendangan jarak jauh. Tapi, bola mengarah tepat ke pelukan Viviano.

Di menit berikutnya, Goicoechea berhasil menyelamatkan gawang Roma. Sambil menjatuhkan diri, dia membendung tendangan keras Roncaglia dari luar kotak penalti.

Tim tuan rumah mengancam lagi di menit ke-40. Tapi, sundulan Tachtsidis meneruskan tendangan bebas Totti melayang di atas mistar.

Destro nyaris menambah keunggulan Roma beberapa saat kemudian. Menerima umpan matang dari Pjanic, dia melepaskan tendangan jarak dekat. Namun, Viviano dengan sigap menepis si kulit bundar.

Di menit-menit akhir babak pertama, Roma mencetak gol ketiganya. Tendangan keras Totti dari luar kotak penalti tampaknya ada dalam jangkauan Viviano, tapi ternyata bola terus melaju ke dalam gawang. Babak pertama selesai, Roma 3, Fiorentina 1.

Babak kedua baru berjalan semenit, gol kembali tercipta, kali ini untuk Fiorentina. Umpan silang Borja disundul dengam sempurna oleh El Hamdaoui yang tak terkawal. Bola masuk gawang tanpa bisa dicegah Goicoechea.

Tak lama setelah gol El Hamdaoui, gawang Fiorentina nyaris jebol. Beruntung buat mereka, Viviano masih bisa mementahkan sundulan Alessandro Florenzi.

Memasuki menit ke-55, Roma kembali menekan. Umpan Pjanic disambut Michael Bradley dengan tendangan first time, tapi bola bisa diblok Viviano. Destro yang mencoba memanfaatkan bola rebound juga gagal karena sepakannya dihalau bek lawan.

Tiga menit sebelum berakhirnya waktu normal, Fiorentina nyaris menyamakan kedudukan. Tapi, tendangan Haris Seferovic bisa digagalkan Goicoechea.

Roma akhirnya mengunci kemenangan lewat gol Osvaldo pada menit ke-89. Penyerang berambut gondrong itu dengan mudah meneruskan umpan matang Totti ke dalam gawang Fiorentina. Roma 4, Fiorentina 2.

Susunan Pemain
Roma: Goicoechea; Piris, Castan, Marquinhos, Balzaretti; Tachtsidis (De Rossi 65'); Bradley, Florenzi (Perrotta 65'); Pjanic; Destro (Osvaldo 74'), Totti

Fiorentina: Viviano; Roncaglia, G.Rodriguez, Savic; Cassani (Fernandez 46'), Aquilani, Olivera (El Hamdaoui 46'), Borja Valero, Pasqual; Cuadrado, Luca Toni (Seferovic 83')

Berita Terkait: