AS Roma 4-2 AC Milan (23/12/2012)

Senin, 24 Desember 2012

AS Roma memetik kemenangan saat berhadapan dengan AC Milan dalam lanjutan Liga Italia. Tim besutan Zdenek Zeman itu menang 4-2 atas tamunya, Rossoneri.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadio Olimpico, Roma, Minggu (23/12/2012) dinihari WIB, Giallorossi sudah unggul 3-0 saat babak pertama berakhir. Gol-gol Roma itu disumbangkan oleh Nicolas Burdisso, Pablo Osvaldo, dan Erik Lamela.

Di babak kedua tim 'Serigala Ibukota' mampu menambah satu gol lagi. Gol kedua Lamela itu membuat Roma semakin menjauh dengan skor 4-0.

Roma harus bermain dengan 10 orang setelah Marquinhos diganjar kartu merah di menit 78 akibat sengaja menahan bola dengan tangan saat menjaga Stephan El Shaarawy.

Unggul jumlah pemain Milan bisa memperkecil kedudukan. Gol-gol Milan itu dicetak oleh dua pemain penganti Giampaolo Pazzini dan Bojan Krkic.

Pazzini menggantikan Antonio Nocerino di menit 56, sementara Bojan masuk mengganti Robinho di menit 70.

Bagi kedua kesebelasan hasil ini tak berpengaruh pada posisi di klasemen. Roma yang kini mengumpulkan 32 poin menempati posisi enam.

Sementara Milan yang mengoleksi 27 angka, saat ini menghuni posisi tujuh klasemen sementara.

Milan langsung tancap gas begitu laga di mulai. Di menit pertama El Shaarawy langsung memberikan ancaman memanfaatkan bola sodoran Robinho.

Tujuh menit kemudian Roma membalas serangan. Daniel De Rossi yang mendapatkan operan dari Miralem Pjanic melakukan sepakan dari luar kotak panti, tapi masih bisa diamankan oleh Marco Amelia.

Di menit ke-12 giliran Osvaldo yang membahayakan gawang Milan. Sepakannya memanfaatkan bola sodoran Pjanic juga masih berhasil ditepis Amelia.

Beberapa saat kemudian, Amelia akhirnya tidak mampu membendung serangan bertubi-tubi Roma. Lewat satu sepakan pojok, Burdisso berhasil memasukan bola lewat sudulan kepala.

Sebelas menit berselang Osvaldo menggandakan keunggulan Roma. Gol itu berawal dari umpan silang Francesco Totti dari sayap kiri, Osvaldo yang berdiri bebas langsung menyambutnya dengan sundulan kepala.

Roma semakin tak terkejar dengan gol yang dikemas oleh Erik Lamela di menit ke-31. De Rossi menjadi arsitek gol ketiga tim asal ibukota itu.

De Rossi memberikan umpan terobosan kepada Lamela yang menusuk ke dalam kotak penalti Milan, dengan tenang pemain bernomor punggung delapan itu memasukan bola ke dalam gawang.

Totti melakukan tendangan bebas langsung dari sisi kanan luar kotak penalti Milan di menit ke-43. Meski mengarah gawang, bola tendangannya dapat ditangkap dengan sempurna oleh Amelia.

Peluang itu merupakan yang terakhir, babak pertama pun berakhir dengan dengan kedudukan 3-0.

Babak kedua dimulai, Totti langsung memberikan ancaman ke gawang tim tamu. Ia melepaskan sepakan dari sisi kiri kotak penalti Milan tapi masih melebar.

Lamela mencetak gol keduanya di menit 61. Gol keduanya di laga ini dicetak melalui heading meneruskan crossing Federico Balzaretti.

Roma harus bermain dengan 10 orang setelah Marquinhos sengaja menghalau bola dengan tangan untuk mengantisipasi bola tendangan El Shaarawy. Wasit mengganjar Marquinhos dengan kartu merah karena dia adalah orang terakhir di lini pertahanan tim tuan rumah.

Saat pertandingan tinggal menyisakan empat menit, Milan mndapatkan hadiah tendangan penalti setelah Pazzini dilanggar oleh penjaga gawang Roma, Mauro Goicoechea. Pazzini yang mengeksekusi penalti bisa mencelposkan bola dengan sempurna.

Dua menit berselang, Milan berhasil memperkecil kedudukan lewat Bojan. Bola sundulan Pazzini masi bisa blok Goicoechea, Bojan yang berdiri bebas lalu menjaringkan bola.

Hingga pertandingan usai tidak ada lagi gol tambahan. Roma pun menang dengan skor akhir 4-2.

Susunan Pemain
Roma: Goicoechea, Piris, Marquinhos, Burdisso, Balzaretti, Bradley, De Rossi, Pjanic, Lamela (Florenzi 68), Osvaldo (Destro 69), Totti (Romagnoli 81)

Milan: Amelia, De Sciglio, Mexes, Yepes, Constant, Montolivo, Nocerino (Pazzini 56), Ambrosini (Muntari 77), Robinho (Bojan 70), Boateng, El Shaarawy

Berita Terkait: