Arsenal 0-2 Swansea (1/12/2012)

Minggu, 02 Desember 2012

Arsenal harus menelan pil pahit saat menjamu Swansea dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Di hadapan pendukungnya sendiri, The Gunners kalah dari tim tamu dengan skor 0-2.

Pada pertandingan di Emirates Stadium, Sabtu (1/12/2012) malam WIB, kedua tim mendapatkan beberapa kans bagus di babak pertama. Tapi, tak satu pun yang berujung gol.

Babak kedua pun demikian. Baik Arsenal atau Swansea samap-sama kesulitan memecahkan kebuntuan.

Saat laga seperti akan berakhir seri, Michu membuat suporter tuan rumah terhenyak lewat golnya di menit-menit akhir waktu normal. Penyerang bernomor punggung 9 itu kemudian menggandakan keunggulan Swansea saat laga sudah memasuki masa injury time.

Dengan kekalahan ini, Arsenal turun ke posisi ke-10 klasemen sementara dengan koleksi 21 poin dari 15 pertandingan. Swansea naik ke urutan ketujuh dengan 23 poin.

Swansea mendapatkan peluang bagus di menit ke-14 saat Angel Rangel tinggal berhadapan dengan kiper Wojciech Szczesny. Namun, Szczesny tampil prima dengan dua kali membendung tembakan Rangel.

Tim tuan rumah gantian mendapatkan kesempatan pada menit ke-29. Umpan silang Carl Jenkinson disundul Santi Cazorla, tapi bola mudah ditangkap oleh Gerhard Tremmel yang mengawal gawang Swansea.

Swansea kembali mengancam saat laga memasuki menit ke-38. Namun, tendangan bebas yang dieksekusi Jonathan De Guzman masih melayang tipis di atas mistar.

Tiga menit setelah restart, usaha Cazorla belum mengubah keadaan. Tembakan kaki kirinya mengarah tepat ke Tremmel.

Swansea kembali membahayakan gawang Arsenal pada menit ke-62. Sebuah tendangan Rangel dari dalam kotak penalti memaksa Szczesny menjatuhkan diri untuk menepis si kulit bundar.

Pada menit ke-71, gantian Tremmel yang membuat penyelamatan bagus. Dia dengan sempurna menangkap bola hasil tembakan voli Cazorla.

Percobaan yang dilakukan Michu pada menit ke-73 belum memecahkan kebuntuan. Tendangannya dengan mudah diamankan Szczesny.

Beberapa saat setelahnya, Szczesny menyelamatkan gawang Arsenal lagi. Dia mementahkan tendangan Luke Moore.

Dwight Tiendalli menyia-nyiakan peluang untuk membawa Swansea unggul pada menit ke-84. Tinggal berhadapan dengan Szczesny, penyelesaiannya bisa dibendung si kiper.

Peluang yang didapat Thomas Vermaelen dua menit kemudian tak berujung gol. Sundulan Vermaelen mengarah tepat ke Tremmel.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan di menit ke-88. Michu bermain umpan satu-dua dengan Moore dan kemudian tinggal menghadapi Szczesny. Dengan dingin, penyerang asal Spanyol itu mengirim bola ke dalam gawang di luar jangkauan kiper.

Di masa injury time, Michu menambah derita tim tuan rumah. Dia menggiring bola dari tengah lapangan tanpa hambatan satu pun pemain Arsenal. Szczesny kemudian dia taklukkan dengan tembakan terukur.

Susunan Pemain
Arsenal: Szczesny, Jenkinson, Mertesacker, Vermaelen, Gibbs, Arteta, Wilshere (Rosicky 80'), Cazorla, Walcott, Podolski (Giroud 67'), Gervinho (Oxlade-Chamberlain 67')

Swansea: Tremmel, Rangel, Williams, Chico, Davies, Britton, de Guzman (Tiendalli 75'), Ki, Dyer, Michu, Shechter (Moore 67')

Berita Terkait: